Rekomendasikan 12 TPS Laksanakan Pemungutan Suara Ulang, Ini Penjelasan Bawaslu Solsel

"Lokasinya tersebar di tiga Kecamatan dengan rincian tujuh TPS di Sangir, tiga di Pauah Duo dan dua di Koto Parik Gadang Diateh,"
Pemilu 2019 (net)

SOLSEL, KLIKPOSITIF -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solok Selatan (Solsel) merekomendasikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 12 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Daerah itu.

"Lokasinya tersebar di tiga Kecamatan dengan rincian tujuh TPS di Sangir, tiga di Pauah Duo dan dua di Koto Parik Gadang Diateh," kata Ketua Bawaslu Solsel M. Ansyar di Padang Aro.

Rekomendasi PSU di Kecamatan Sangir katanya, sebanyak tujuh TPS tersebar di tiga Nagari yaitu Lubuak Gadang, Lubuk Gadang Selatan dan Lubuk Gadang Utara.

"Di lubuk Gadang TPS 09, 12, 13, 27, Lubuak Gadang Selatan TPS 15, 32 dan Lubuak Gadang Utara di TPS 12"," ungkapnya.

Ia melanjutkan di Kecamatan Pauah Duo tiga TPS meliputi dua Nagari di dua Nagari yaitu TPS 01 dan 02 di Nagari Pauah Duo dan TPS 07 di Luak Kapau.

"Sisanya di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh dua TPS yaitu TPS 04 di Nagari Pakan Rabaa Timur dan TPS 08 di Nagari Pakan Rabaa," sebutnya.

Dia menjelaskan kesalahan yang dilakukan di TPS yang direkomendasikan PSU karena tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) maupun Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTB) serta tidak memiliki formulir A5 pemilih pindahan, tapi tetap bisa ikut mencoblos.

"Jumlah temuan di setiap TPS bervariasi ada yang 12 orang pemilih,ada juga yang hanya satu orang," katanya.

Meski secara umum pemilu berjalan lancar, rekomendasi tersebut imbuhnya, sesuai undang-undang Nomor 7 tahun 2017 pasal 372 angka 2 huruf d.

"Hal ini Sudah diingatkan pengawas TPS agar masyarakat yang tidak memiliki A5 tidak diizinkan ikut memilih, namun KPPS mengatakan waktu mereka Bimtek hal itu diizinkan," ungkapnya.

Ia mengungkapkan semua bukti-bukti temuan pelanggaran tersebut sudah disampaikan bersamaan dengan rekomendasi tersebut.

"Selanjutnya tergantung kajian KPU, setelah mereka melakukan verifikasi apakah rekomendasi PSU ini akan mereka lakukan atau tidak," ... Baca halaman selanjutnya