1.056 Pemilih di Limapuluh Kota akan Ikuti Pemungutan Suara Ulang

"Enam TPS ini sendiri akan melakukan lima pemungutan suara mulai dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden hingga calon legislatif di pusat dan daerah"
Suasana di TPS 06 Pandam Gadang, Gunuang Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota pada 17 April lalu. (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Enam Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 5 kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota dipastikan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU). Hal ini disampaikan Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Limapuluh Kota Amfreizer kepada KLIKPOSITIF, Senin 22 April 2019.

Amfreizer mengatakan, kegiatan Pemungutan Suara Ulang ini akan dilakukan pada Sabtu 27 April 2019 mendatang. Enam TPS ini sendiri akan melakukan lima pemungutan suara mulai dari pemilihan Presiden dan Wakil Presiden hingga calon legislatif di pusat dan daerah.

"TPS yang melakukan PSU adalah TPS 04 dan 09 Harau untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dengan jumlah DPT 185 dan 11 DPTb serta DPT 128 dan DPTb 24. Kemudian, TPS 14 Luak sebanyak 180 DPT dan 2 pemilih DPTb untuk pemilihan PPWP," kata Amfreizer.

Selain itu, PSU untuk lima pemilihan juga dilakukan TPS 17 Koto Tinggi dengan jumlah DPT 277, 1 DPTb dan 3 DPK. Ia menambahkan PSU juga dilakukan di TPS 05 Situjuah Tungkar untuk lima pemilihan dengan jumlah 275 DPT, 1 DPTb, dan 2 DPK serta TPS 41 Guguak untuk pemilihan PPWP, DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi.

Secara keseluruhan tercatat sebanyak 1.056 pemilih yang akan melaksanakan PSU di enam TPS tersebut. Untuk penyebabnya, Amfreizer mengatakan karena ada pemilih yang menggunakan KTP-El berasal dari luar wilayah TPS.

"Berdasarkan UU No 7 tahun 2017 Pasal 372 dan 373 harus dilakukan Pemungutan Suara Ulang paling lambat 10 hari setelah hari pemungutan suara berdasarkan Keputusan KPU kabupaten/kota," kata Amfreizer.

[Ade Suhendra]