Ini Imbauan Wagub Agar Tak Ada Lagi Wisatawan Pakai Bikini di Pantai Padang

"Hal itu bisa dihindarkan bila biro travel menjelaskan konsep objek wisata di Sumbar."
Wagub Sumbar Nasrul Abit. (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- Masyarakat Sumbar dikejutkan dengan beredarnya foto wisatawan mancanegara berjemur dengan pakaian mode bikini di Pantai Padang. Foto itu tersebar di pelbagai media sosial.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyesalkan hal itu. Menurutnya, hal itu bisa dihindarkan bila biro travel menjelaskan konsep objek wisata di Sumbar.

"Kita menganut konsep wisata syariah," ujarnya usai acara halal bihalal Semen Padang. Wisata syariah menekankan kepada penghargaan terhadap budaya dan adat setempat. Soal berpakaian, misalnya, disebutkan tidak pantas berpakaian terbuka, termasuk di objek wisata.

Oleh karena itu, Wagub imbau kepada seluruh biro travel untuk menjadi garda terdepan penyampai informasi kepada wisatawan, terutama wisman.

Ia khawatir, jika hal itu sering dilupakan, maka para wisatawan yang masuk ke Sumbar akan mendapatkan permasalahan dengan para ulama dan tokoh-tokoh lainnya.

Nasrul Abit juga meminta kepada Pemerintah Kota Padang untuk segera mengambil langkah dan kebijakan agar hal tersebut tidak terulang lagi. Imbauan itu juga disampaikan kepada kepala daerah yang kawasannya memiliki objek wisata pantai.

[Muhammad Noli]