Masyarakat Minta Perubahan Trase Tol Padang-Pekanbaru, Wagub : Kami Akan Sampaikan Ke Pusat

"Pasalnya trase yang ada sekarang banyak melintasi pemukiman penduduk, lahan produktif dan pasilitas umum"
Kerangka tol Padang-Pekanbaru (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG PARIAMAN, KLIKPOSITIF - Masyarakat Padang Pariaman khusus Sicincin dan Lubuk Alung meminta trase jalan tol Padang-Pekanbaru di ganti. Pasalnya trase yang ada sekarang banyak melintasi pemukiman penduduk, lahan produktif dan pasilitas umum.

Tokoh masyarakat Sicincin Alwi Datuak Majo Garang menegaskan, masyarakat menolak trase yang ada saat ini. Pasalnya trase melewati lahan masyarakat yang produktif, bukan itu saja, lahan tersebut juga merupakan tanah ulayat.

"Tidak hanya itu, fasilitas umum dan perumahan masyarakat juga masuk dalam trase," ujarnya usai rapat bersama Pemprov Sumbar, Pemkab Padang Pariaman dan pihak terkait tol Padang-Pekanbaru, Senin, 22 April 2019 di Kantor Bupati Padang Pariaman.

Menurutnya, walaupun menolak trase namun masyarakat memberikan jalan keluar dengan pemindahan trase ke arah timur jalan lingkar.

"Ke arah timur jalan lingkar, disana lahan kosong dan tidak akan berdampak kepada kehidupan kami," katanya.

Sementara Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyimpulkan hasil dari rapat tersebut masyarakat tetap menolak dan meminta pemindahan trase.

"Kami akan sampaikan ke pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR untuk mengganti trase. Hari ini keluhan dari masyarakat sudah kami rangkum untuk disampaikan," ujarnya.

Dilanjutkannya, setelah ada trase baru, maka akan dilakukan pembebasan lahan kembali oleh Badan Pertanahan Nasional. "Jadi kita selesaikan satu persatu, setelah trase baru pembebasan lahan," ujarnya.

Rapat pembahasan Tol Padang-Pekanbaru berlangsung panas, bahkan hampir ricuh dan sudah tunjuk menunjuk antara masyarakat dan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.

Rapat yang berlangsung sejak pukul 10.00 WIB itu awalnya dibuka oleh Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, dihadiri Wagub Sumbar Nasrul Abit, Sekdaprov Sumbar Alwis, Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan puluhan masyarakat Sicincin.

Rapat memanas saat ... Baca halaman selanjutnya