Satu TPS di Payakumbuh Lakukan PSU, Ini Penyebabnya

"Iya, Bawaslu melalui Panwascam Kecamatan Payakumbuh Utara merekomendasikan kepada PPK (KPU) untuk dilakukannya PSU di TPS 4 di Kelurahan Balai Tangah Koto, penyebab PSU tersebut karena ada tiga orang pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, namun ikut mencoblos"
Salah satu proses penghitungan suara di TPS Kota Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Payakumbuh Utara merekomendasi untuk dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04 Kelurahan Balai Tangah Koto.

Rekomendasi PSU itu diberikan karena terdapat beberapa pemilih yang tidak masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan pada saat pencoblosan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK). Dimasukkannya beberapa nama pemilih tersebu jadi masalah karena para pemilih tersebut tidak berdomisili di sekitaran TPS melainkan di luar Kota Payakumbuh.

Untuk PSU di TPS 04 ini sendiri hanya akan dilakukan untuk pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden.

"Iya, Bawaslu melalui Panwascam Kecamatan Payakumbuh Utara merekomendasikan kepada PPK (KPU) untuk dilakukannya PSU di TPS 4 di Kelurahan Balai Tangah Koto Kecamatan Payakumbuh Utara, penyebab PSU tersebut karena ada tiga orang pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, namun ikut mencoblos," kata Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh M Khadafi, Senin 22 April 2019.

Sesuai dengan UU No 7 tahun 2017 Pasal 372 dan 373 harus dilakukan Pemungutan Suara Ulang paling lambat 10 hari setelah hari pemungutan suara berdasarkan Keputusan KPU kabupaten/kota.

Terkait rekomendasi PSU oleh Panwascam tersebut, Ketua KPU Kota Payakumbuh, Haidi Mursal mengaku akan melakukan rapat dengan jajaran komisioner KPU lawan.

"Kita akan melakukan rapat untuk melakukan kajian terhadap Rekomendasi Panwascam terhadap PSU disalah satu TPS di Kecamatan Payakumbuh Utara itu," jelasnya.

Sesuai aturan, pihaknya akan mengikuti apa yang telah direkomendasikan oleh Panwascam tersebut, namun terkait apa yang akan di PSU itu pihaknya akan meminta ketegasan dari Panwascam.

"Kita akan berkirim surat ke Panwascam untuk mempertegas PSU dimaksud, apakah terhadap semuanya atau terhadap Pemilu tertentu," pungkasnya. (*)