Warga Binaan Meriahkan Hari Kartini dengan Lomba Rias Wajah

"Total jumlah pesertanya sebanyak 16 orang"
Lomba merias wajah di LPP Anak Air Padang. (dok BLK Padang)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pelatihan Keliling (MTU) Tata Rias Kecantikan BLK Padang bekerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Anak Air Padang mengadakan lomba rias wajah dalam rangka memperingati Hari Kartini, 21 April 2019.

Peserta merupakan warga binaan yang telah mengikuti program pelatihan MTU BLK Padang jurusan Tata Rias Kecantikan yang diselenggarakan di LPP Anak Air Padang. Total jumlah pesertanya sebanyak 16 orang.

Para peserta terdiri dari dua orang. Satu orang sebagai penghias wajah, seorang lagi sebagai “objek” untuk merias wajah. Mereka dibebaskan memilih warna atau alat make-up untuk merias wajah temannya.

Perpaduan warna dan kreativitas menjadi salah satu penilaian juri yang berasal dari Instruktur Tata Rias Kecantikan BLK Padang, Trie Amelia.

Kepala BLK Padang, Syamsi Hari, mengatakan, mencari pemenang bukan tujuan lomba ini. “Lomba ini lebih kepada praktek bagaimana mereka mengaplikasikan ilmu yang didapat selama ini,” ujar Syamsi Hari didampingi Kasi Penyelenggara Riswanto.

Jika skill telah dipunya, sebutnya, warga binaan tidak akan sulit beradaptasi dengan masyarakat setelah menjalani masa hukuman.

Kepala LPP Anak Air Padang, Widiarti,  mengharapkan warga binaan dapat mengembangkan keterampilannya setelah keluar dari LPP Anak Air Padang. “Dengan mengasah skill, diharapkan mereka tidak terlibat lagi perbuatan melawan hukum,” ujarnya.

BLK Padang merupakan lembaga di bawah Kementrian Tenaga Kerja yang konsen menunjang skill masyarakat. Program-programnya bersifat vokasi sehingga berguna untuk menunjang pekerjaan atau membuka usaha sendiri. (*)