Dihadiri Menteri PU-PR, Paripurna Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pessel ke-70 Berlangsung Hikmat

(Ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesisir Selatan memperingati hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat ke-70, di aula gedung Painan Convention Center (PCC) tepat pada Senin 15 April 2019 lalu.

Dalam kesempatan ini, DPRD Pesisir Selatan mengharapkan, Pesisir Selatan dapat terus maju dengan berbagai program andalan pemerintah dan bisa menjadi Kabupaten terbaik di Provinsi Sumatera Barat.

“Pada momen hari jadi Pessel ke-69 ini, harapan kita sederhana itu saja. Untuk itu, mari kita berjuang keras, supaya daerah kita maju dan mungkin dengan kemauan yang keras itu kita bisa menjadi yang terbaik di Sumbar,” sebut Ketua DPRD Pessel, Dedi Rahmanto Putra di sela-sela penutupan Rapat Paripurna Istimewa memperingati hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan ke 70 didampingi oleh Wakil Ketua II DPRD Pessel lainnya.

Baca Juga

Sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 02 tahun 1995 tentang penetapan hari Jadi Kabupaten daerah Tingkat II Pesisir Selatan , serta ditetapkan berdasarkan undang-undang nomor 10 tahun 1948 tanggal 15 April 1948 dan Peraturan Komisaris Pemerintah Sumatera Tengah Nomor 81/KOM/U/1948 tersebut, wilayah Kabupaten Pesisir Selatan -Kerinci telah mempunyai pemerintahan yang tegas dengan wilayah yang otonom .

Dedi Rahmanto mengatakan, untuk maju terus maju harus bisa didorong dengan berbagai program andalan pemerintah. Oleh sebab itu, apa yang menjadi target harus bisa dilakukan dalam meningkatkan seluruh SDM ada di daerah tersebut.

“Hal yang utama, dimulai dengan kedisiplinan aparaturnya serta kerjasama seluruh stakekholdernya. Jadi kami selaku perwakilan rakyat di Pessel berharap, harapan ini bisa terwujud dengan visi-misi daerah dan tentunya kami butuh bantuan dari seluruh lapisan masyarat tentang bagaimana bisa menyelaraskan hal-hal tersebut. Mudah-mudahan doa kita ini bisa terwujud,” kata Dedi Rahmanto Putra.

Serangkaian kegiatan dilakukan dalam acara Paripurna Istimewa DPRD Pessel ini. Sementara itu, selain dihadiri oleh Bupati Pessel Hendrajoni, Wakil Bupati Pessel Rusma Yul Anwar kesempatan istimewa ini juga dihadiri Menteri PU-PR, Basuki Hadimuljono dan sejumlah Kepala Daerah di Sumatera Barat.

Sementara itu, pada kesempatan ini
Dalam sambutannya, Basoeki memaparkan saat ini pemerintah pusat tengah telah memberikan perhatian lebih dalam membangun berbagai infrastruktur. Itu dilakukan sebagai upaya untuk mengejar ketertinggalan

“Pembangunan infrastruktur adalah prioritas pembangunan demi mengejar ketertinggalan,” ujarnya.

Dikatakannya, Sumbar khususnya Pessel sangat istimewa, dibidang ekonomi dan sosial budaya yang perlu terus dikembangkan secara berkelanjutan. Mentri memaparkan, beberapa pembangunan telah di laksanakan sejak tahun 2015 hingga 2018 untuk mendukung potensi yang ada, seperti pembangunan jalan lingkaran Mandeh panjang 41 Km, peningkatan jalan Painan-Kambang, Indrapura-Tapan hingga batas Provinsi Bengkulu.

Selanjutnya, kata Mentri, pembangunan jembatan gantung, pembangunan bendungan jaringan irigasi daerah Sawah Laweh Tarusan dengan luas 3273 hektare, daerah irigasi Malampang Ampang Taluk dengan luas 3.000 hektare dan pembangunan embung Tanjung Durian.

Sistem Pembangunan Air Minum (SPAM) di Kawasan Mandeh 50 liter per detik, pembangunan rumah khusus nelayan, bedah rumah serta penetapan monipolitan Mandeh.

Dikatakannya, memasuki tahun ke empat pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, kinerja Kementrian PUPR telah mendapat banyak apresiasi. Berbagai pembangunan infrastruktur yang dilakukan juga sudah mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Tahun keempat kabinet kerja, capaian Kementerian PUPR sudah bisa dimanfaatkan dan apresiasi. Namun jangan jadikan kita berpuas diri, tapi justru harus lebih berhati-hati dan bertanggung jawab atas langkah kita dan jaga kredibilitas PUPR,” ujarnya.

Seiring itu, kata Mentri, pembangunan infrastruktur yang dilakukan bukan sekedar untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah. Tapi juga ini sebagai upaya untuk mendorong daya saing di tengah masyarakat.

“Infrastruktur yang dibangun tidak sekedar untuk pemenuhan kebutuhan dasar tapi untuk mendorong daya saing. Kami menekankan agar fokus selesaikan pekerjaan yang sudah diprogramkan. Bangun konektivitas, satukan Indonesia, sediakan tempat tinggal, ketahanan pangan dan air,” katanya.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan , Hendrajoni memberikan apreasiasi untuk DPRD yang telah mendukung program pemerintah. Dan kesempatan itu, Bupati Pesisir Selatan memberikan gelar kehormatan kepada Basuki Hadimuljono sebagai warga utama Pesisir Selatan dengan dukungannya yang telah memberikan perhatian khusus terhadap pembangunan Pesisir Selatan .

"Izinkan kami atas nama Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menobatkan bapak Menteri (Basuki Hadimuljono) sebagai warga utama kabupaten ini, dan nama bapak akan kami catat disepanjang perjalanan sejarah Kabupaten Pesisir Selatan ," ungkap Hendrajoni dihadap Menteri PU-PR saat menghadiri rapat paripurna.

Ia menjelaskan, adanya penobatan sebagai warga utama Kabupaten Pesisir Selatan , dinilai karena Basuki Hadimuljono telah memberikan perhatian lebih terhadap pembangunan di Pesisir Selatan terutama yang bersumber dari APBN.

"Semua itu berkat dukungan penuh Bapak Menteri yang memberikan perhatian yang lebih kepada Kabupaten Pesisir Selatan . Kami hitung tiga tahun terakhir anggaran pembangunan yang digelontorkan ke Kabupaten Pesisir Selatan lebih dari Rp. 2 Triliun," jelasnya.

Hendrajoni merinci, anggaran Rp 2 triliun yang diterima tersebut, diantaranya untuk pembangunan jalan Lintas Barat Rp.900 miliar, pembangun jalan Mandeh Rp.350 miliar, pembangunan irigasi Batang Tarusan Rp.350 miliar.

Lalu, pembangunan jaringan air bersih Rp.200 miliar, jalan Pasar Baru-Alahan Panjang Rp.10 miliar, pembangunan rumah bagi masyarakat miskin dan rumah nelayan Rp.59 miliar serta ABPN yang disalurkan melalui Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Rp.477 miliar. (Adv)

[Kiki Julnasri Priatama]

Baca Juga

Penulis: Webtorial

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com