Antisipasi Jatuh Sakit, Petugas Pemilu di Kecamatan Harau Diberi Pemeriksaan Kesehatan

"Pemeriksaan kesehatan ini dikatakan Andri Yasmen sebagai wujud kepedulian pemerintah kecamatan terhadap petugas yang telah bekerja ekstra sejak beberapa hari terakhir"
Suasana pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan tentang kesehatan di tingkat Kecamatan Harau. (KLIKPOSITIF/ Ade Suhendra)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Padatnya aktifitas petugas penyelenggaraan pemilu baik ditingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi akibatkan puluhan petugas alami sakit dan meninggal dunia. Mengantisipasi bertambahnya korban, khususnya di Kabupaten Limapuluh Kota, Camat Harau Andri Yasmen gelar pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan ini dikatakan Andri Yasmen sebagai wujud kepedulian pemerintah kecamatan terhadap petugas yang telah bekerja ekstra sejak beberapa hari terakhir. Camat Harau menjelaskan bahwa pemeriksaan ini dilaksanakan pada Selasa 23 April 2019 di tingkat kecamatan.

"Sementara, kami masih melakukan di satu titik di tingkat kecamatan dan rencana pelaksanaannya cuma satu hari. Kami juga telah koordinasi dengan pihak Puskesmas Tanjungpati dan akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada PPK, PPS, linmas, petugas keamanan, saksi, dan petugas yang terlibat dalam proses pemilu di Kecamatan Harau," kata Andri Yasmen.

Menurutnya, hal tersebut untuk mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terjadi di Sumbar, khususnya Kabupaten Limapuluh Kota. Ia menjelaskan selain pemeriksaan kesehatan terhadap petugas yang terlibat dalam proses pemilu, petugas kesehatan dari Puskesmas Tanjungpati juga akan memberikan tips terkait menjaga kesehatan.

"Nantinya juga akan digelar berbagi tentang tips bagaimana menjaga kesehatan di segala kondisi, baik dalam keadaan tertekan maupun kondisi tidak tidur dan bekerja keras. Info ini akan diberikan oleh petugas kesehatan di Kantor BP4K di dekat Politani," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF via telepon genggam.

Sementara itu, salah seorang komisioner KPU Limapuluh Kota Amfreizer menyambut baik ide yang dilakukan oleh Camat Harau. Menurutnya hal ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain khususnya di Limapuluh Kota untuk memberikan dukungan kepada petugas yang telah bekerja maksimal dalam pelaksanaan pemilu 2019 ini.

"Apresiasi atas ide yang ... Baca halaman selanjutnya