China Luncurkan Satelit BeiDou Terbaru

"Setelah pengujian in-orbit, satelit akan bekerja dengan 18 satelit BDS-3 lainnya"
Cina mengirim satelit baru BeiDou Navigation Satellite System (BDS) ke luar angkasa dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di Provinsi Sichuan (Xinhua)

KLIKPOSITIF - Cina mengirim satelit baru BeiDou Navigation Satellite System (BDS) ke luar angkasa dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di Provinsi Sichuan pada pukul 10:41 malam, Sabtu (20/4).

Diluncurkan pada roket pembawa Long March-3B, itu adalah satelit ke-44 dari keluarga satelit BDS dan satelit BDS-3 pertama di orbit Bumi geosynchronous. Setelah pengujian in-orbit, satelit akan bekerja dengan 18 satelit BDS-3 lainnya di orbit sirkuler menengah dan satu di orbit Bumi geosinkron.

Yang Changfeng, kepala perancang sistem BeiDou, mengatakan desain rasi bintang hibrida, di mana tiga kelompok satelit di rezim orbital yang berbeda bekerja bersamaan, adalah inovasi BDS eksklusif dan yang pertama di dunia.

"Ini akan meningkatkan jumlah satelit yang terlihat di Wilayah Asia-Pasifik, memberikan layanan yang lebih baik untuk wilayah tersebut," kata Yang.

Peluncuran ini adalah misi penerbangan ke-302 untuk roket pembawa Long March, dan ke- 100 untuk Long March-3B. Sejauh ini, total empat satelit uji BeiDou dan 44 satelit BDS telah dikirim ke orbit yang telah ditentukan melalui 36 misi penerbangan yang diluncurkan oleh roket pembawa Long March-3A dan Long March-3B.

Peluncuran pada hari Sabtu juga menandai peluncuran pertama BDS pada tahun 2019. Tahun ini, sekitar 8-10 satelit BDS dijadwalkan akan diluncurkan, yang menyelesaikan misi peluncuran semua satelit BDS-3 dalam orbit Bumi sedang.

Tiongkok mulai membangun sistem navigasinya, dinamai sesuai dengan istilah Tiongkok untuk konstelasi Biduk, pada 1990-an dan mulai melayani Wilayah Asia-Pasifik pada 2012. Menurut Yang, akurasi posisi sistem telah mencapai 10 meter secara global dan lima meter di Wilayah Asia-Pasifik setelah sistem mulai menyediakan layanan global pada akhir tahun lalu.

Sistem BDS-3 akan selesai pada tahun 2020. Cina juga berencana menyelesaikan pembangunan sistem pemosisian, navigasi, dan penentuan waktu (PNT) nasional presisi ... Baca halaman selanjutnya