3 Tahun Gerakan Nagari Madani di Agam, Baru Satu Nagari Berada di Level 5

"Namun, masih banyak lagi nagari yang berada pada level 2 dan 3."
Sekda Agam memberikan sambutan (AMC)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Bupati Agam, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto Dt Maruhun, buka secara resmi Bimtek Tenaga Assesment Gerakan Nagari Madani. Bimtek diikuti asesor dan tim monitoring assesment pelaksanaan Gerakan Nagari Madani, di Hotel Sakura Syari'ah Lubuk Basung, Selasa sampai Kamis 23 april-25 April 2019.

Kegiatan yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) ini, dihadiri kepala OPD, Camat se-Agam dan 94 peserta bimtek.

Sekda menyambut baik dilaksanakan kegiatan tersebut, karena sangat diperlukan untuk berikan pemahaman yang konkrit tentang Nagari Madani.

Gerakan Nagari Madani bukan hanya kerja pemerintah nagari saja, tapi juga peran semua elemen baik instansi kecamatan, OPD teknis maupun tenaga assesment.

"Kita berharap bimtek tidak saja membahas tentang teknis assesment, lebih dari itu seyogyanya melahirkan terobosan inovatif dan kesepakatan formulasi," ujarnya.

Dikatakan, ada tiga aspek peran pemerintah nagari dalam mewujudkan Nagari Madani seperti, mengatur masyarakat dengan menerapkan aturan berlaku, mewujudkan pemerintahan nagari yang kuat, memberikan ruang lebih kepada tokoh adat dan agama.

Sehingga pemerintah nagari yang kuat sangat diharapkan di tengah pergeseran tatanan sosial, sebagai akibat benturan budaya lokal dengan budaya baru yang bisa memutus akar kesejarahan dan sendi khas kehidupan lokal.

"Perubahan budaya yang terjadi justru banyak bersifat merusak seperti, melemahkan tatanan hubungan kekeluargaan dalam masyarakat, gaya hidup individualistik dan pelanggaran atas norma agama, adat serta perilaku yang dahulu dianggap tabu jadi hal biasa," katanya.

Mengatasi berbagai permasalahan itu, menurut sekda ada beberapa strategi prioritas seperti, sinkronisasi kelembagaan, optimalisasi dana desa, penguatan kelembagaan, menjadi pemerintah multifungsi, peningkatan pendapatan asli nagari dan swadaya masyarakat, perencanaan yang ... Baca halaman selanjutnya