KPU Pasbar Pastikan Pemungutan Suara Ulang Dilaksanakan di 9 TPS

"Sembilan TPS itu tidak berada di satu titik Kecamatan, namun tersebar di tiga Kecamatan"
Salah satu proses pencoblosan 17 April lalu (Irfan Pasaribu/KLIKPOSITIF)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat pastikan akan ada Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sembilan TPS yang tersebar di Kabupaten Pasaman Barat pada 27 April 2019 mendatang.

"Benar, ada PSU yang akan dilakukan di sembilan TPS di Kabupaten Pasaman Barat. Sembilan TPS itu tidak berada di satu titik Kecamatan, namun tersebar di tiga Kecamatan," sebut Ketua KPU Pasaman Barat, Alharis kepada KLIKPOSITIF, Selasa (23/4/2019) malam.

Alharis merinci, sebanyak 4 TPS berada di Kecamatan Pasaman diantaranya di TPS 60 Nagari Aua Kuniang, TPS 16 Nagari Lingkuang Aua, TPS 31 Nagari Lingkuang Aua dan TPS 16 di Nagari Aia Gadang.

Selanjutnya 3 TPS lainnya berada di Kecamatan Lembah Melintang diantaranya di TPS 9, TPS 75 dan TPS 130 di Nagari Ujung Gading. Sementara 2 TPS lagi berada di Kecamatan Ranah Batahan diantaranya TPS 5 dan TPS 31 yang berada di Nagari Ranah Batahan.

Untuk PSU rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu 27 April 2019 mendatang. Lebih lanjut kata dia, pemungutan suara ulang dilakukan setelah menerima rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu Pasaman Barat.

PSU ini dilakukan karena adanya masyarakat yang melakukan pencoblosan atau menggunakan KTP di luar Pasaman Barat dan sejumlah pelanggaran lainnya.

Untuk persiapan KPU mengaku, pihaknya sudah melakukan persiapan PSU, salah satunya meminta logistik ke KPU RI melalui KPU Provinsi Sumbar. Disisi lain jelas Alharis, dalam PSU itu pihaknya akan melakukan tahapan seperti tahapan pemilu sebelumnya.

Dimulai dengan pembagian C6 atau surat panggilan memilih hingga tahapan pemungutan suara di sembilan TPS yang direkomendasikan bawaslu. Ia berharap semua tahapan persipan pemungutan suara ulang di sembilan TPS itu bisa berjalan lancar dan bisa berlangsung dengan baik.

Sementara itu Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga (PHAL) Bawaslu Pasaman Barat, Aditya Pratama mengaku pihaknya belum ... Baca halaman selanjutnya