Diduga Coba Retas Website KPU, Pemuda Asal Payakumbuh Diamankan Tim Mabes Polri

"Ia diamankan sesuai Laporan Polisi Nomor LP/B/392/IV/2019/Bareskrim, tanggal 19 April 2019, tentang percobaan melakukan Illegal Acces terhadap website KPU. Kemarin kita (Polres) mendampingi Tim Mabes Polri untuk melakukan penangkapan terhadap seorang warga. Ia langsung dibawa ke Mabes Polri"
KPU (ilustrasi)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Informasi penangkapan salah seorang pemuda asal Kota Payakumbuh oleh Tim Gabungan Mabes Polri, Senin 21 April 2019 sekitar pukul 16.00 WIB karena percobaan akses ilegal terhadap website KPU dibenarkan Polres Kota Payakumbuh, AKBP. Endrasetiawan Setyowibowo.

Pemuda yang diamankan tim gabungan itu berinisial MA (19), ia diamankan di sebuah rumah, Kelurahan Parit Rantang Kecamatan Payakumbuh Barat.

"Ia diamankan sesuai Laporan Polisi Nomor LP/B/392/IV/2019/Bareskrim, tanggal 19 April 2019, tentang percobaan melakukan Illegal Acces terhadap website KPU. Kemarin kita (Polres) mendampingi Tim Mabes Polri untuk melakukan penangkapan terhadap seorang warga. Ia langsung dibawa ke Mabes Polri," terang AKP Endrasetiawan Setyowibowo, Selasa 23 April 2019.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Payakumbuh, Iptu Ilham menerangkan, MA diduga melakukan illegal acces atau mencoba meretas, melampaui atau menjebol sistem pengamanan website KPU. Tindakannya tersebut bisa berakibat dengan terganggunya sistem elektronik terhadap website tersebut.

Dalam penangkapan itu, tim gabungan mengamankan beberapa barang bukti, diantaranya satu buah laptop Lenovo, dua flashdisk, dua unit HP merk Samsung, satu modem Andromax M2Y, serta dua sim card.

Dijelaskanya, berdasarkan pengkuan MA saat diinterogasi di Mapolres Payakumbuh, ia mengaku sempat mengirimkan email ke BSSN bantuan70@bssn.go.id pada 1 april 2019 tentang penjelasan bahwa tersangka ada menemukan celah di website KPU.

MA juga diketahui memiliki beberapa sertifikat, seperti SQL Injection Chalenge Kominfo, sertifikat AVIRA vulnerabilities, sertifikat Responsible Disclosure dari McAfee,
dan sertifikat Bug Report Vulnerability Tokopedia.

"Sebelum dibawa ke Mabes Polri, MA sempat menjalani pemeriksaan di Mapolres Payakumbuh. Ada sejumlah barang bukti yang juga diamankan. Kalau terkait pemeriksaan kita tidak tahu, karena dilakukan oleh tim ... Baca halaman selanjutnya