Gelar Rakor HKB 2019, Pemkab Agam Kaji Titik Kebencanaan

"Peran kita tidak sebatas sosialisasi, tapi bagaimana melakukan simulasi"
Rakor HKB 2019 (AMC)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Agam melalui BPBD menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2019, Selasa (23/4) di aula kantor Bupati Agam.

Asisten Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik Setda Agam, Rahman dalam sambutannya mengatakan, rakor ini bertujuan untuk mengkaji kembali titik-titik kebencanaan yang ada di Kabupaten Agam.

"Peran kita tidak sebatas sosialisasi, tapi bagaimana melakukan simulasi kepada masyarakat dan anak-anak dalam menyikapi bencana alam," ujarnya.

Rahman menilai penanggulangan bencana tidak bisa dilakukan sendiri oleh BPBD. Namun, saling bekerja sama dan berkoordinasi dengan lembaga-lembaga yang ada, serta melibatkan unsur-unsur dari masyarakat dan insan kebencanaan lainnya.

"Saya mengapresiasi pelaksanaan rapat koordinasi ini. Rakor ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. Semoga ke depannya, bencana bisa kita sikapi secara seksama," ujarnya.

Ditambahkan Rahman, rapat koordinasi ini juga sebagai evaluasi atas kinerja BPBD selama ini dan melakukan perencanaan untuk ke depan yang lebih baik. Selain itu, ia berharap agar BPBD terus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk meminimalisir terjadinya risiko kebencanaan.

"Untuk itu, tingkatkan koordinasi dengan mitra kerja karena BPBD tidak bisa bekerja sendiri-sendiri tanpa bantuan dari lembaga lainnya," pungkasnya. (rel)