Pasca-kebakaran, Rekapitulasi Suara di Tarusan Pessel Tetap Dilanjutkan

"Semua pihak dan parpol setuju rekapitulasi tetap dilanjutkan tanpa harus mengulang"
Polisi berjaga-jaga di sekitar Kantor Camat Koto XI Tarusan Pessel (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Dua hari pasca kebakaran kotak suara di Kantor Camat Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan-Sumbar, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pessel masih menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan kepolisian.

"Belum ada kabarnya, kalau bisa lebih baik konfirmasi kepada kepolisian. Karena kasus ini sudah masuk ke ranah kepolisian," sebut Ketua KPU Pesisir Selatan, Epaldi Bahar saat dihubungi KLIKPOSITIF, Rabu 24 April 2019.

Ia menjelaskan, dari peristiwa yang terjadi, saat ini untuk penghitungan rekapitulasi suara di Kantor Camat Koto XI Tarusan sudah mulai berjalan kembali. Sebab, sehari pasca kebakaran tersebut tidak ada unsur untuk menunda rekapitulasi suara.

"Semua pihak dan parpol setuju rekapitulasi tetap dilanjutkan tanpa harus mengulang. Karena data C1 sudah ada dan sekarang masih berjalan," jelasnya.

Sebelumnya, Kapolres Pesisir Selatan, AKBP. Fery Herlambang menyatakan, proses penyelidikan masih tetap berlanjut, dan pihaknya masih mengumpulkan sejumlah bukti dan keterangan saksi terkait hal tersebut.

"Belum (hasil penyelidikan), masih olah TKP, dan kita akan dalami terus sesuai dengan kondisi yang terjadi," terangnya.

Lanjutnya, terkait pengamanan proses rekapitulasi suara pemilihan yang masih berlangsung, pihaknya bakal meningkatkan pengamanan dengan menambah personel di setiap kecamatan, dan terutama di TKP yang sudah terjadi.

"Dari pihak kepolisian akan menambah personel dari 8 anggota menjadi 15 di masing-masing kecamatan. Kita akan memaksimalkan pengawalan proses rekapitulasi benar-benar aman sampai selesai," tutupnya.

Diketahui peristiwa yang terjadi pada Senin 22 April 2019 sekitar pukul 01.00 WIB ini menghanguskan 19 kotak suara yang tersimpan di dua tempat di Kantor Camat Tarusan. 

[Kiki Julnasri]