'Berkeliaran' di Padang, KPK Geledah Kediaman Bupati Solok Selatan

"Hal serupa juga pernah terjadi saat operasi tangkap tangan (OTT) Kepala Dinas PU Sumbar Suprapto pada 2016 lalu. Beberapa kegiatan dilaksanakan lembaga anti rasuah itu beberapa hari sebelum menangkap Suprapto"
Ketua Satgas Korsupgah Korwil I Sumatra KPK RI, Juliawan Superani, Senin (22/4) saat memberikan pemaparan dihadapan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno serta jajaran OPD Pemprov dan Pemko/Pemkab (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Ada beberapa kegiatan yang berkaitan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelum menggeledah kediaman Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria tadi siang, Kamis, 25 April 2019.

Hal serupa juga pernah terjadi saat operasi tangkap tangan (OTT) Kepala Dinas PU Sumbar Suprapto pada 2016 lalu. Beberapa kegiatan dilaksanakan lembaga anti rasuah itu beberapa hari sebelum menangkap Suprapto.

Sebelumnya penggeledahan, beberapa hari yang lalu (Senin (22/4), Koordinasi Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK RI terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah Daerah di Sumatra Barat (Sumbar) terkait dengan komitmen pencegahan korupsi di daerah.

Ketua Satgas Korsupgah Korwil I Sumatra KPK RI, Juliawan Superani saat itu memberikan pemaparan dihadapan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno serta jajaran OPD Pemprov dan Pemko/Pemkab.

"Untuk itu kita ingin mengevaluasi rencana aksi yang telah dilakukan selama 2018 serta menyusun rencana aksi untuk tahun 2019. Apalagi, kita telah ada komitmen bersama dalam pencegahan korupsi bersama kepala daerah di Sumbar pada tahun 2017 lalu," ujarnya.

Lebih lanjut kata Juliawan, sejak komitmen yang dilakukan bersama kepala daerah pada tahun 2017 lalu, pihaknya langsung bergerak untuk memulai program pencegahan itu di daerah.

"Jadi sejak program pencegahan itu mulai dijalankan, pada 2018 kemarin cakupan kami sekitar 548 Pemda di Indonesia, karena personil kami terbatas untuk melingkupi Pemda, maka kami bagi perwilayah," tuturnya.

Selain itu, pada 2018 pihaknya juga menerapkan aplikasi yang bersifat terbuka bagi masyarakat untuk masuk ke website Korsupgah, ini upaya memudahkan masyarakat untuk melihat kinerja pencegahan korupsi.

Kemudian kata Juliawan, ia berharap kepala daerah serta sekda didaerah dapat melakukan koordinasi program pencegahan serta melakukan pembinaan kepada SKPD agar target pencapaian pencegahan di pemda dapat tercapai.

"Untuk di ... Baca halaman selanjutnya