Bekraf Fasilitasi Pendaftaran HaKI Bagi IKM Tanah Datar

"Fasilitasi ini merupakan wujud dari kesepahaman bersama antara Pemkab Tanah Datar dengan Bekraf"
Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi (tengah) foto bersama dengan Direktur Fasilitasi HaKI Bekraf RI Robinson Sinaga di Batusangkar (Irfan Taufik)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia memberikan fasilitas administrasi dan finansial untuk mendaftarkan Kekayaan Hak Intelektual (HaKI) bagi produk ekonomi kreatif industri kecil menengah (IKM) yang ada Tanah Datar, Sumatera Barat.

"Dukungan yang diberikan Bekraf yakni fasilitasi administrasi pendaftaran HaKI, mulai dari pengisian formulir sampai pendaftaran ke Kementerian Hukum dan HAM, serta fasilitasi finansial di mana seluruh biaya yang dibutuhkan akan dibayar oleh negara,” kata Direktur Fasilitasi HaKI Bekraf RI Robinson Sinaga di Batusangkar, Kamis 25 April 2019.

Dalam Seminar Perlindungan HaKI di Emersia Hotel itu, Robinson menyampaikan fasilitasi ini merupakan wujud dari kesepahaman bersama antara Pemkab Tanah Datar dengan Bekraf yang telah ditandatangai sebelumnya.

“Kegiatan ini bukan memberikan bantuan dana dari Bekraf melainkan dukungan untuk memfasilitasi perlindungan HaKI,” tutur Robinson.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyampaikan bahwa daerahnya memiliki lebih dari 3.000 IKM yang menghasilkan berbagai produk dan tentu membutuhkan perlindungan HaKI.

Bupati mengharapkan dengan fasilitasi dan bimbingan dari Bekraf ini produk ekonomi kreatif unggulan Tanah Datar dapat dilindungi.

“Berbagai produk ekonomi kreatif IKM seperti Tenun Pandai Sikek, Tenun Lintau, kerajinan Jerami, bahkan produk berupa kesenian banyak di Luhak Nan Tuo ini, dan tentunya dengan ciri khas dan kelebihan masing-masing perlu dilindungi dengan HaKI,” ujarnya.

Bupati menyebut bahwa Pemkab Tanah Datar sudah mempunyai Gedung Promosi dan Pusat Oleh-Oleh sebagai wahana dan sarana penjualan hasil IKM.

Dalam seminar itu menjadi narasumber disampingi dari Bekraf RI juga ada Asisten Ekobang Kesra Pemkab Tanah Datar Edi Susanto, Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah dan Kadis Pariwisata diwakili Efrison.

[Irfan ... Baca halaman selanjutnya