Ini Kata KPU Terkait Persiapan PSU di Sumbar

"Untuk PSU di Kabupaten Solok yaitu di Kecamatan Saning Baka akan dilaksanakan Jumat 26 April 2019 besok"
Simulasi Pemilu (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Seluruh logistik surat suara untuk memenuhi kebutuhan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 101 TPS Sumatera Barat (Sumbar) telah didistribusikan pada Kamis 25 April 2019.

"Seluruh logistik yang diminta ke KPU RI telah sampai di gudang KPU Sumbar Kamis pagi. Setelah diinfokan seluruh kebutuhan itu telah dijemput langsung untuk selanjutnya dibawa ke KPU kabupaten/kota. Mereka menjemput sendiri dan telah selesai semuanya," ujar Komisioner KPU Sumbar, Gabriel Daulai.

Ia mengatakan, awalnya sebanyak 100 TPS di Sumbar akan melakukan PSU Serentak pada 27 April 2019 lusa. Namun hingga Rabu 24 April 2019 malam jumlahnya bertambah.

"Rabu malam, satu TPS di Koto Laweh, Kabupaten Solok juga dipastikan melakukan PSU setelah diputuskan dalam rapat pleno di KPU Kabupaten Solok," lanjutnya.

Menurutnya, surat suara yang diminta ke KPU RI sebenarnya bersifat penambahan karena sebelumnya KPU telah memiliki cadangan untuk PSU Sebanyak 1.000 surat suara untuk Dapil dan 1.000 surat suara untuk Pilpres di Kabupaten/kota.

"Jika ada kekurangan lagi akan diminta lagi. Untuk formulir C6, masing-masing KPU telah mulai memproduksinya sejak Rabu lalu. Kita harus bergerak cepat agar PSU berjalan lancar dan tepat waktu, kepada masyarakat kita kembali mengimbau agar tetap melaporkan segala bentuk kecurangan saat PSU," lanjutnya.

Menurutnya, untuk PSU yang dilaksanakan pada 27 April tidak untuk seluruh TPS, tetapi ada TPS yang lebih dulu melaksanakannya.

"Untuk Kabupaten Solok yaitu di Kecamatan Saning Baka akan dilaksanakan besok, Jumat 26 April 2019," tutupnya.

[Halbert Cajiago]