Terkait Protes Saksi Parpol di Linggo Pessel, KPU Akan Tanggapi Sesuai Aturan

"Saksi minta penghitungan suara diulang"
Protes saksi yang minta penghitugan suara diulang (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Terkait protes salah seorang yang mengaku saksi partai politik di Kecamatan Linggosari Baganti, pihak Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pesisir Selatan-Sumatera Barat berjanji akan menanggapinya sesuai aturan yang berlaku.

"Jika ada protes, tentu akan kita tanggapi. Namun tentu sesuai dengan aturan yang belaku. Selain itu juga harus jelas dasar-dasar protes yang dilakukan," kata Ketua KPU Pessel Epaldi Bahar kepada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, terkait adanya tuntutan buka kotak suara dalam memastikan transparansi hasil pemilu, diantaranya harus diajukan dengan alasan yang jelas serta didukung data-data yang cukup melalui rekomendasi Bawaslu.

"Mesti melalui rekomendasi Banwaslu. Tentu hal itu harus dengan bukti yang konkrit dan data yang jelas dari pihak yang melakukan protes. Terutama dari saksi yang mempunyai mandat yang sah dikeluarkan oleh partai," terangnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Pesisir Selatan Erman Wadison mengaku, sudah mendapatkan laporan terkait hal tersebut, dan pihaknya belum menerima kelanjutan tentang protes tersebut.

"Secara aturan itu akan dilakukan jika memang ada data yang jelas mengacu pada hal tesebut. Tetapi, sejauh ini dari Panwascam belum ada laporan lanjutan," tutupnya.

Sebelumnya, rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 di Kecamatan Linggosari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Selasa 23 April 2019 menuai protes. Salah seorang saksi dari partai Nasdem menilai penyelenggara pemilu tidak transparan dan meminta untuk dilakukan hitungan ulang.

"Saya sebagai saksi (partai politik) ingin penghitungan suara ini diulang. Kerena ada hal-hal yang kami nilai tidak adil dan banyak ditemukan indikasi kecurangan dalam penghitungan suara," sebut Sel Aldi yang mengaku saksi dari partai Nasdem di Kecamatan Linggosari Baganti saat itu.

Sel Aldi menjelaskan, salah satu transparansi yang dinilai ... Baca halaman selanjutnya