NASA akan Beberkan Dampak Kerusakan Bumi Jika Dihantam Asteroid

"NASA akan mengambil bagian yang akan mengajak kita semua membayangkan apa yang akan terjadi jika batu besar menghantam bumi"
ilustrasi asteroid (net)

KLIKPOSITIF -- Kita tahu asteroid dapat melakukan hal-hal buruk pada planet kita. Sekarang NASA akan memberi tahu betapa suramnya tabrakan batu ruang angkasa hari kiamat.

Badan antariksa telah menghabiskan 20 tahun memindai langit untuk objek dekat Bumi (NEO), yang merupakan komet atau asteroid yang datang dalam jarak 30 juta mil dari dunia manusia. 

Minggu depan di Planetary Defense Conference, NASA akan mengambil bagian yang akan mengajak kita semua membayangkan apa yang akan terjadi jika batu besar menghantam kita.

"Latihan-latihan ini benar-benar membantu kami dalam komunitas pertahanan planet untuk memahami apa yang perlu diketahui oleh kolega kami di sisi manajemen bencana," kata Lindley Johnson, Perwira Pertahanan Planet NASA.

Latihan ini akan membantu dalam mengembangkan komunikasi yang lebih efektif satu sama lain dan dengan pemerintah kita. Latihan ini membayangkan bahwa benda raksasa berada di jalur tabrakan dengan Bumi.

Peserta dalam latihan akan membahas kemungkinan misi untuk menangkisnya, tetapi juga menganalisis 'dampak-dampak potensial'.

"Apa yang ingin diketahui secara darurat adalah kapan, di mana, dan bagaimana asteroid akan berdampak, dan jenis dan tingkat kerusakan yang dapat terjadi," kata Leviticus Lewis dari Divisi Operasi Respon untuk Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA).

Tahun lalu Lindley mengatakan, hanya ada 'terbatas' kesempatan untuk melihat asteroid yang datang dari arah tertentu di luar angkasa. Sangat mudah melacak objek besar, tetapi yang lebih kecil sering dapat muncul di cakrawala beberapa saat sebelum benturan.

NASA mengandalkan penggunaan teleskop darat untuk melihat langit malam. Ini berarti bahwa jika asteroid mendekat dari 'sisi hari' Bumi, itu tidak akan terlihat karena cahaya matahari akan menghentikan kita untuk melihatnya.

"Jika benda itu masuk ke tata surya bagian dalam dan mendekati Bumi dari sisi malam ... peluang kita ... Baca halaman selanjutnya