Pohon Besar Tumbang di Ulakan, Akses Transportasi Terhambat

"Beruntung kejadian itu tak menelan korban jiwa, namun peristiwa tersebut mengakibatkan kemacetan di jalan menuju ke Kota Pariaman itu"
Pohon tumbang di kawasan Ulakan Tapakis, Padang Pariaman tengah dibersihkan BPBD. (KLIKPOSITIF/Rehasa)

PADANGPARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Sebatang pohon dengan diameter 79 centimeter yang berada di pinggir jalan Syekh Burhanudin, Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman tumbang dan membentang di tengah jalan pada Jumat 26 April 2019 pukul 14.00 WIB.

Beruntung kejadian itu tak menelan korban jiwa, namun peristiwa tersebut mengakibatkan kemacetan di jalan menuju ke Kota Pariaman itu. Kalaksa BPBD Padang Pariaman, Budi Mulya mengatakan, setelah mendapat info, timnya langsung menuju lokasi dan melakukan pemotongan.

"Beberapa menit setelah mendapat info tersebut. Tim bergegas ke sana. Pasalnya itu jalan merupakan rute yang paling banyak dilalui pengendara menuju ke Padang," katanya.

Dia mengimbau kepada pengendara dan warga yang berada di sekitar pohon kayu besar agar berhati-hati karena cuaca yang tidak menentu. "Waspada kepada para pengendara yang melintas di lokasi tersebut karena sekarang sering hujan dan angin kencang," tuturnya.

Pantauan di lapangan, kayu yang tumbang tersebut mengenai kabel listrik yang ada di sekitar jalan. "Petugas PLN juga sudah datang ke lokasi untuk memperbaiki," tambah Budi.

Pengendara yang melintas di jalan tersebut juga terlihat terjebak macet dan menunggu petugas BPBD selesai membersihkan material pohon dari jalan. Sekitar dua jam petugas BPBD membersihkan jalan dengan belasan personel dan bantuan empat unit chainsaw.

Dia menjelaskan, selama tahun 2018 lalu, terjadi sekitar 164 bencana alam yang melanda Padang Pariaman. Untuk kerugian materi, katanya lagi, selama tahun 2018, bencana alam di Kabupaten Padang Pariaman mencapai Rp14 miliar.

[Rehasa]