Tinjau PSU, Wagub Sumbar : Partisipasi Turun, Caleg Kehilangan Suara

"Partisipasi pemilih menurun drastis pada pemungutan suara ulang (PSU). Akibatnya calon legislatif (Caleg) yang sudah aman dan mendapatkan suara banyak berpotensi kehilangan suara"
Wagub Sumbar Nasrul Abit meninjau pelaksanaan pemungutan suara ulang di Padang (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Partisipasi pemilih menurun drastis pada pemungutan suara ulang (PSU). Akibatnya calon legislatif (Caleg) yang sudah aman dan mendapatkan suara banyak berpotensi kehilangan suara.

"Dari beberapa tempat pemungutan suara (TPS) yang PSU partisipasi pemilih hanya berkisar 50 persen," ujarnya saat mengunjungi beberapa TPS di Kota Padang, Sabtu, 27 April 2019.

Nasrul Abit sengaja datang siang hari ini untuk melihat langsung bagaimana partisipasi masyarakat mencoblos ulang akan tetapi hasilnya tidak sesuai harapan yang diinginkan.

"Hingga pukul 12:00 WIB, masyarakat yang datang ke TPS 01 Kelurahan Banda Buek Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang baru 159 orang dari 292 Daftar Pemilih Tetap (DPT)," katanya.

Wagub berharap Pemilu selanjutnya jangan sampai ada lagi PSU. Sebab sangat merugikan kepada peserta pemilu. Bahkan caleg yang sudah aman atau mendapatkan suara banyak bisa kehilangan suara.

"Ini harus jadi pembelajaran, caleg bisa rugi sebab sudah bisa dikatakan hasilnya sudah diketahui siapa yang menang. Namun karena PSU bisa saja hasil berubah, tapi kami berharap mereka bisa menerima ini sebagai suatu proses demokrasi," ujarnya.

Menurutnya, petugas harus paham aturan sehingga tidak terjadi PSU, kemudian penyelenggara yang bertugas harus tahu siapa yang boleh saja mencoblos dan siapa yang tidak.

"Ini menjadi pelajaran bagi penyelenggara Pemilu untuk menempatkan orang yang paham sehingga tidak terjadi PSU," tukasnya. (*)