Dalam Satu Minggu, Dua Kebakaran Terjadi di Pasar Payakumbuh

"Rabu (24/3) lalu warga pasar dikagetkan oleh terbakarnya dua kios milik H Indra Jaya (55) dan Iraman (44), Minggu (28/4) kebakaran kembali menghanguskan satu ruko penjual pakaian di Blok Barat milik Yuliusman (50)."
Kondisi ruko milik Yuliusma yang terbakar, Minggu (28/4). (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Kurang dari satu minggu, dua kebakaran terjadi di Pasar Kota Payakumbuh Blok Barat. Setelah Rabu (24/3) lalu warga pasar dikagetkan oleh terbakarnya dua kios milik H Indra Jaya (55) dan Iraman (44), Minggu (28/4) kebakaran kembali menghanguskan satu ruko penjual pakaian di Blok Barat milik Yuliusman (50).

Kasatpol PP dan Damkar Kota Payakumbuh, Devitra menyebut, untuk memadamkan api pihaknya mengerahkan seluruh personel yang ada dan dibantu personel Damkar Kabupaten Limapuluh Kota.

"Tadi kembali terjadi kebakaran di Pasar Payakumbuh Blok Barat. Berkat kerja sama petugas di lapangan, api akhirnya berhasil dipadamkan, sehingga tidak merambat ke toko lain," jelasnya, Minggu (28/4).

Terkait penyebab kebakaran sendiri, Devitra mengaku belum bisa memastikan karena penyelidikan masih dilakukan pihak kepolisian setempat.

"Pihak kepolisian sudah langsung melakukan olah TKP dan membawa sisa-sisa kebakaran yang mungkin bisa menjadi barang bukti. Apa hasilnya kita tunggu dari mereka," jelasnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM yang turut menangani pasar, Herlina membenarkan kejadian tersebut. Dikatakan, sebagai penanggungjawab pasar, pihaknya tengah membuat laporan polisi terkait peristiwa itu.

"Saya sedang membuat laporan di kantor polisi. Tadi ada beberapa BB yang dibawa ke kantor polisi seperti kain bekas kebakaran dan beberapa serpihan lainnya, nanti pihak kepolisian yang akan melakukan penyelidikan lebih lanjut," ujar Herlina.

Terkait peristiwa kebakaran yang terjadi beberapa kali dalam waktu yang relatif berdekatan di Pasar Payakumbuh tersebut, Herlina mengajak semua pihak untuk tidak berspekulasi macam-macam.

"Jumat (26/4) kemarin Tim Inafis Polri dari Medan sudah datang ke Payakumbuh untuk melakukan penyelidikan terkait kejadian kebakaran sebelum ini. Mari kita tunggu hasil penyelidikan mereka," ulasnya. (*)