Ratusan Anak Manfaatkan Layanan Khitanan Gratis di Sijunjung

"Yang mengikuti layanan khitanan massal gratis ini anak usia sekolah dasar. Selain itu, mereka juga diberikan bingkisan berupa sarung, baju koko, tas sekolah, uang transportasi dan menu peserta"
Peserta Khitanan Massal Gratis di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Minggu 28 April 2019 (Istimewa)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 256 anak dari keluarga kurang mampu memanfaatkan layanan khitanan massal gratis, yang dilaksanakan organisasi ibu-ibu perantau Indo Jalito Peduli (IJP) di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Minggu 28 April 2018.

Ketua IJP Astri Asgani mengatakan, bakti sosial ini merupakan rutinitas yang dilakukan IJP sejak 15 tahun yang lalu dan di tahun ini dilaksanakan di 5 kabupaten/kota di Sumatera Barat. Salah satunya kita pilih Kabupaten Sijunjung.

"Yang mengikuti layanan khitanan gratis ini anak usia sekolah dasar. Selain itu, mereka juga diberikan bingkisan berupa sarung, baju koko, tas sekolah, uang transportasi dan menu peserta," katanya.

Astri menambahkan, dalam kegiatan khitanan massal tersebut, IJP juga memberikan santunan kepada 6 anak penyandang disabilitas.

Sementara itu, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menyampaikan, rasa terima kasih kepada ibu-ibu IJP yang telah berkenan berbagi dengan masyarakat Sijunjung. Khitanan massal seperti ini sangat membantu, apalagi dilaksanakan menjelang bulan Ramadhan.

"Atas nama Pemkab Sijunjung kami ucapkan banyak terima kasih. Ini bukan yang pertama kali IJP berbagi dengan masyarakat Sijunjung," kata Yuswir.

Sebelum pelaksanaan khitanan massal, peserta menggelar tradisi turun mandi dan setelah itu dilanjutkan dengan arak-arakan yang diikuti oleh peserta dari nagari Muaro dan Nagari Timbulun.(*)