Wako Pariaman: Masyarakat Harus Diberi Tahu Pentingnya Imunisasi pada Anak Usia Dini

"Masyarakat harus diberi tahu tentang pentingnya imunisasi pada anak usia dini, petugas kesehatan perlu sosialisasikan info yang benar kepada masyarakat tentang imunisasi ini agar masyarakat tidak salah paham"
Walikota Pariaman Genius Umar saat membuka Seminar Kesehatan Imunisasi dan TOSS TB di Aula Balikota Pariaman, Minggu 28 April 2019. (Ist)

PARIAMAN KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Kesehatan Kota Pariaman adakan Seminar Kesehatan Imunisasi dan TOSS TB (Temukan TB Obati Sampai Sembuh) di Aula Balaikota Pariaman, Minggu (28/4/2019).

Pada kesempatannya, Walikota Pariaman, Genius Umar, mengatakan bahwa anak perlu mendapat imunisasi sejak usia dini untuk menjaga anak agar terhindar dari penyakit.

"Masyarakat harus diberi tahu tentang pentingnya imunisasi pada anak usia dini, petugas kesehatan perlu sosialisasikan info yang benar kepada masyarakat tentang imunisasi ini agar masyarakat tidak salah paham ", ujarnya.

Kemudian, lanjut Genius, di Kota Pariaman ada sekitar 17% anak yang mengalami stunting (bertubuh pendek), saya pikir ini tidak perlu terjadi karena kita tinggal di daerah pesisir pantai yang banyak ikannya.

"Kemarin ada mahasiswa yang saya tanya, kenapa anak-anak itu pendek (stunting), setelah ditanya ternyata mereka kelahiran tahun 1998 sampai 2000. Ternyata asumsi saya bahwa pada tahun 1998 itu kita mengalami krisis moneter dimana ibu pada saat itu tidak mempunyai cukup ekonomi untuk memberi asupan gizi dan protein kepada anak mereka sejak anak dalam kandungan.

" Ini adalah tugas kita sebagai orangtua harus peduli terhadap gizi anaknya. Karena generasi cerdas adalah generasi yang terjaga asupan gizinya sejak dari kecil bahkan sejak dalam kandungan ", imbuhnya

Dikatakannya juga, nelayan jangan hanya sibuk menjual ikan kepada oranglain sementara anak kita dirumah tidak mendapat asupan gizi dari ikan yang dijual, berikan dulu kepada keluarga sisanya baru ke oranglain. Jangan sampai nelayan menjual hanya karena untuk membeli mie instan yang sebetulnya tidak ada manfaatnya bagi tubuh kita.

"Kita harus canangkan bahwa kedepan Kota Pariaman ini harus bebas dari berbagai macama penyakit yang berbahaya dan terlahir generasi Kota Pariaman yang sehat, kuat dan pintar," jelasnya.

Penggiat Imunisasi ... Baca halaman selanjutnya