Pemko Payakumbuh Tingkatkan Jumlah Personel dan Frekuensi Patroli di Pasar Raya

"Sesuai perintah pimpinan, untuk mengantisipasi terulangnya kejadian (kebakaran) kita tambah jumlah personel yang patroli, khususnya di kawasan Pasar Raya dengan menarik sebagian petugas patroli dari kawasan pasar lain. Mereka secara bergantian akan patroli selama 24 jam"
Proses pemadaman api yang membakar Pasar Raya Payakumbuh, beberapa waktu lalu. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Kebakaran seperti menjadi momok yang menakutkan bagi para pedagang yang saat ini mencari nafkah di Pasar Raya Kota Payakumbuh. Pasalnya, dalam satu bulan ini saja sudah terjadi empat kebakaran yang menghanguskan ruko para pedagang di pasar tersebut.

Menyikapi hal itu, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh meningkatkan jumlah personel dan frekuensi patroli pengamanan di area Pasar Raya. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh, Herlina yang menerangkan, patroli di Pasar Raya Payakumbuh akan dilaksanakan selama 24 jam.

"Sesuai perintah pimpinan, untuk mengantisipasi terulangnya kejadian (kebakaran) kita tambah jumlah personel yang patroli, khususnya di kawasan Pasar Raya dengan menarik sebagian petugas patroli dari kawasan pasar lain. Mereka secara bergantian akan patroli selama 24 jam," kata Herlina, Senin (29/4).

Terkait jumlah personel, Herlina mengaku akan menarik sebagian personel pengamanan yang selama ini bertugas di dua lokasi pasar lainnya.

"Jumlah personel pengamanan pasar kita total seluruhnya ada 35 orang. Selama ini mereka bertugas mengamankan tiga lokasi pasar, yaitu Pasar Raya, Pasar Ibuah, dan juga Pasar Padang Kaduduak. Sekarang sebagian besar kita alokasikan ke Pasar Raya tanpa mengabaikan pasar lainnya," ulasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Minggu (28/4) pagi, kebakaran kembali melanda satu petak toko di Blok Barat Pasar Raya Payakumbuh milik Yuliusman (50).

Peristiwa kebakaran itu adalah yang keempat sepanjang April. Sebelumnya Jumat (5/4) kebakaran melanda toko pakaian milik Zalfis (56 th) yang terletak di Blok EE Lantai I No 10. Kemudian disusul pada Sabtu (6/4) api melahap dua petak toko pakaian dewasa dan anak-anak milik H. Yusri, jalan Soekarno Hatta Pasar Atas Blok Barat EE Lantai 1. Lalu, pada Rabu (24/4) dua petak toko di Blok Barat Pasar Payakumbuh, milik H Indra Jaya (55) juga dimamah si jago merah. (*)