Tingkatkan Pelayanan, Samsat Drive Thru Hadir di Payakumbuh

Peresmian Samsat Drive Thru Payakumbuh
Peresmian Samsat Drive Thru Payakumbuh (KLIKPOSITIF/ Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Jelang Ramadan 1440 Hijriah, Kota Payakumbuh miliki Samsat Drive Thru di Kawasan Terminal Koto Nan Ampek. Hadirnya Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Drive Thru ini merupakan terobosan yang dilakukan Badan Keuangan Daerah Provinsi Sumbar bekerjasama dengan Kepolisian, PT Jasa Raharja dan instansi lainnya untuk mempermudah pelayanan pajak .

Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi Zainuddin saat peresmian Samsat Drive Thru, Senin 29 April 2019 mengatakan hal ini adalah salah satu upaya meningkatkan kualitas pelayanan dalam membayar pajak , iuran wajib, dan sukarela. Ia menjelaskan Samsat Drive Thru Payakumbuh ini merupakan yang ketiga setelah sebelumnya juga ada di Padang dan Bukittinggi

"Samsat Drive Thru ini adalah salah satu inovasi yang masih konvensional. Namun tentunya obsesi kami ke depannya urusan kesamsatan baik itu pajak sukarela, dan registratisi STNK dapat dilakukan dari tempat tidur atau menggunakan gadget masing-masing," kata Zainuddin.

Baca Juga

Ia menambahkan dalam pelayanan ini ada beberapa segmen yang dilakukannya untu meningkatkan kualitas pelayanan. Saat ini, terobosan atau inovasi pelayanan baru sampai ATM dimana pembayaran sudah dapat dilakukan menggunakan mesin ATM.

"Nantinya kita akan mengarah ke Gadget atau aplikasi handphone sehingga dengan mudah diakses oleh wajib pajak . Itu lagi proses dan butuh waktu tentunya. Terimakasih juga kepada seluruh mitra yang terus berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan Samsat ini," ujar Zainuddin sebelum menggunting pita dan meresmikan Samsat Drive Thru Payakumbuh .

Ia berharap dengan adanya Samsat Drive Thru ini wajib pajak atau yang membayar pajak semakin bnayak. Sehingga kualitas pelayanan yang semakin baik dapat meningkatkan pemasukan melalui wajib pajak . Sementara itu, Kapolres Payakumbuh yang diwakili Kompol Eridal menambahkan hadirnya Samsat Drive Thru ini nantinya dapat mempermudah dan mempersingkat waktu pembayaran pajak tahunan atau pajak kendaraan bermotor.

"Semoga nantinya dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak Payakumbuh dan mempermudah serta mempersingkat waktu pembayaran pajak tahunan serta pembuatan STNK. Kemudian sistem ini juga sebagai upaya tidak adanya calo yang selama ini ada sehingga sistem mekanisme selama ini yang sudah berjalan baik dapat lebih baik lagi dalam pelayanan pembayaran pajak yang udah, cepat, dan tepat," katanya.

Ia berharap urusan yang dilakukan di Samsat Drive Thru ini dapat selesai dengan lancar dan memberikan pelayanan terbaik kepada wajib pajak . Samsat sendiri merupakan suatu sistem kerjasama secara terpadu antara Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja (Persero) dalam pelayanan untuk menerbitkan STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang dikaitkan dengan pemasukan uang ke kas negara baik melalui Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJJ).

Selain itu, Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz yang hadir dalam kesempatan tersebut juga mengapresiasi inovasi yang dilakukan Samsat Payakumbuh . Menurutnya, di era serba cepat ini, terobosan dan inovasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor yang mungkin selama ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan menunggu.

"Alhamdulillah telah hadir di Samsat Drive Thru Payakumbuh . Masyarakat wajib pajak dapat dengan mudah dan cepat melakukan pembayaran tanpa harus menunggu lama. Cukup dengan berada di kendaraannya, dapat dengan langsung membayar dan mengurus segala sesuatunya di Samsat Drive Thru ini," kata Wakil Walikota Payakumbuh .

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk taat melakukan pembayaran pajak kendaraannya agar tidak menunggak. Sebab dengan pembayaran pajak Menurutnya juga dapat meningkatkan pendapatan daerah yang berdampak terhadap pembangunan di Kota Payakumbuh ke depan. (Ade Suhendra)

Baca Juga

Penulis: Eko Fajri

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com