Anggaran MTQ Nasional 2020, Wagub Sumbar Minta OPD Koordinasi dengan BPK

"Nasrul menegaskan, penganggaran harus melibatkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) agar tidak menyahi aturan"
Wagub Sumbar Nasrul Abit (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebagai tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) membutuhkan banyak biaya. Untuk itu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah harus merancang biaya mulai dari sekarang melalui anggaran perubahan.

"Ini tugas berat kita bersama, coba dirancang, apa-apa saja yang bisa dimulai dengan anggaran perubahan," ujarnya, Senin, 29 April 2019.

Nasrul menegaskan, penganggaran harus melibatkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) agar tidak menyahi aturan.

Dijelaskannya, pembiayaan dewan hakim, penginapan, tiket serta hadiah untuk juara 1, 2 dan 3 ditanggung oleh Kementerian Agama. Selebihnya ditanggung Pemprov Sumbar.

Selain itu, pada 2020 akan ada 6 kegiatan besar lagi yang akan dilaksanakan di Sumbar, sehingga akan membutuhkan anggaran yang sangat besar.

"Harus teliti agar tidak menyalahi aturan," tegasnya.

Nasrul Abit juga mengatakan, saat pembukaan MTQ nanti, akan ditampilkan gambaran terjadi nya sumpah sati bukik marapalam yang melahirkan ABS BSK.

"Selama ini mungkin kita sudah tau tentang ABS BSK itu namun tidak secara dalam, nantinya akan di skenariokan dan ditampilkan tentang hal tersebut secara dalam, sehingga kita tahu lebih dalam" ujarnya.

Menanggapi adanya kecurangan-kecurangan yang terjadi saat pelaksanaan MTQ sebelumnya, Wagub meminta nantinya agar seluruh panitia bersikap fair dan jujur.

"Jika selama ini memang terjadi, kedepan jangan lagi bermain-main dengan ayat-ayat suci Alquran. MTQ itu untuk mencari pahala, bukan menambah dosa" tegasnya.

Terkahir dia berharap, pelaksanaan MTQ di Sumbar menjadi yang terbaik dalam keseluruhan, baik unggul dalam pelaksanaan, keuangan dan tentunya prestasi.

Direncanakan, stadion utama di Padang Pariaman akan dijadikan tempat pembukaan MTQ nasional ke XXVIII, dan penutupan akan dilaksanakan di ... Baca halaman selanjutnya