Ratusan Peserta Ikuti Peringatan Hari Anak Nasional di Kota Pariaman

"Kegiatan ini gigelar di Pentas Utama Pantai Gandoriah Pariaman"
Wako Pariaman Genius Umar didampingi Wawako Pariaman Mardison Mahyuddin melihat lomba menggambar anak PAUD Kota Pariaman (Istimewa)

PARIAMAN KLIKPOSITIF -- Sebanyak 600 anak Kota Pariaman ikuti acara Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke 9 tingkat Kota Pariaman yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman di Pentas Utama Pantai Gandoriah Pariaman, Senin (29/4/2019).

Wali Kota Pariaman, Genius Umar dalam sambutannya mengatakan, anak adalah aset bangsa, karena itu tugas kita bagaimana menjadikan anak-anak yang sehat, cerdas dan mempunyai kepercayaan diri yang tinggi. Anak-anak harus kita lengkapi dengan pendidikan yang berkualitas. Kemudian dari segi kesehatan dan pertumbuhan badannya juga harus kita perhatikan, berikanlah protein yang tinggi.

"Sekolah-sekolah harus mengajak anak-anak untuk rajin makan makanan sehat. Caranya dengan memajang gambar makanan sehat didinding sekolah supaya anak-anak ini minta ke orangtuanya dirumah untuk makan makanan sehat,  jangan hanya makan mie instan yang tidak sehat dan jajanan anak sekolah lainnya ", ujarnya.

Genius juga mengimbau kepada Dinas Perikanan, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Kota Pariaman perlu untuk melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah guna memberikan makanan yang sehat bagi anak-anak kita, supaya anak-anak kita  jangan menjadi anak yang stunting dan memiliki pemikiran otak yang lemah, anak-anak yang sehat itu tingginya cukup kemudian pemikiran otaknya cerdas karena mendapat asupan gizi yang cukup dari sisi proteinnya.

"Kemudian, untuk upaya penurunan angka 17% stunting di Kota Pariaman sudah kita lakukan, saya pikir angka tersebut cukup tinggi dan harus kita turunkan walaupun itu lebih rendah dari angka nasional, tetapi karena kondisi Kota Pariaman yang di pinggir pantai, maka seharusnya makanan disisi protein seperti ikan khususnya sangat gampang didapat," jelasnya.

Jadi, katanya lagi, semua pihak harus melakukan usaha bersama untuk menurunkan angka stunting ini sehingga generasi muda di masa depan akan lebih ... Baca halaman selanjutnya