Pemko Payakumbuh Terima Opini WTP Kelima Secara Beruntun

"Hasil ini menggembirakan di tengah semakin ketatnya standar pengawasan dan audit yang ditetapkan BPK"
Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi (kanan) saat menerima opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sumbar. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Untuk kelima kalinya secara beruntun, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Payakumbuh.

Penyerahan opini dan hasil pemeriksaaan terhadap LKPD Kota Payakumbuh tahun 2018 tersebut dilakukan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat Pemut Aryo Wibowo kepada Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi di Gedung BPK RI Perwakilan Sumbar, di Kota Padang, Senin (29/4).

Riza Falepi mengaku bersyukur atas keberhasilan Payakumbuh kembali meraih opini WTP dari BPK. Capaian itu semakin spesial karena Payakumbuh menjadi daerah pertama di Sumbar yang diberi opini WTP oleh BPK RI.

"Hasil ini menggembirakan di tengah semakin ketatnya standar pengawasan dan audit yang ditetapkan BPK," ujar Riza, Senin (29/4).

Riza mengatakan, disamping menjadi daerah pertama yang diberi opini oleh BPK, Kota Payakumbuh turut berbangga karena dijadikan pilot project oleh BPK dalam hal pemeriksaaan LKPD melalui Kantor Akuntan Publik (KAP).

"Tahun depan, pemeriksaan LKPD Kota Payakumbuh dipercayakan BPK kepada Kantor Akuntan Publik. Kita dijadikan pilot project oleh BPK. Ini merupakan sebuah kepercayaan bagi kita untuk lebih baik lagi mengajukan Laporan keuangan kedepan," tambah Riza.

Riza mengucapkan terima kasih kepada pihak BPK RI perwakilan Sumbar yang dinilai sangat baik dalam membimbing Pemko Payakumbuh menyajikan laporan keuangan yang akuntabel. Dikatakan, selama ini BPK RI cukup terbuka jika Pemko ingin berkonsultasi.

"Kami BPK RI Perwakilan Sumbar sangat baik, karena kami dapat berkonsultasi dan bertannya dalam setiap permasalahan. karena tidak dipungkiri tidak semuanya hal-hal teknis bisa dimengerti, dan perlu dikonsultasikan untuk pemecahan setiap masalah yang dihadapi, selama ini kami sangat terbantu," ujar Riza.

Sementara Kepala BPK RI ... Baca halaman selanjutnya