Wabup Solsel: Akses ke LUAS via PLS Tembus Segera Kita Buka

"Semoga pembukaan akses ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah tersebut dan mempermudah urusannya ke pusat Kabupaten"
Konsultasi, Wabup Solsel, Abdul Rahman, melakukan Konsultasi dengan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Kementrian Kehutanan, Sigit Hardwinarto, terkait izin pinjam pakai hutan beberapa waktu lalu (Ist)

PADANG ARO, KLIKPOSITIF - Wakil Bupati (Wabup) Solok Selatan (Solsel) Abdul Rahman mengungkapkan izin pinjam pakai kawasan hutan untuk pembukaan Jalan dari Nagari Padang Limau Sundai (PLS) ke Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan (LUAS) telah didapatkan.

Ia berharap dengan dibukanya akses Jalan Talantam Lubuk Ulang Aling Selatan dari Tanjung Durian Nagari Padang Limau Sundai tersebut diharapkan dapat membebaskan masyarakatnya dari status terisolir.

"Semoga pembukaan akses ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah tersebut dan mempermudah urusannya ke pusat Kabupaten," harap Abdul Rahman di Padang Aro, Senin (29/4).

Izin pinjam pakai ini imbuhnya, lahir berkat komitmen berbagai pihak yang ingin memajukan daerah tersebut.

Selain itu katanya, perhatian untuk akses jalan di Talantam LUAS ini memang salah satu prioritas pimpinan daerah saat ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Kabupaten Solok Selatan Hapison mengatakan, kepastian terbitnya izin pinjam pakai kawasan hutan dari Kementerian Kehutanan tersebut diterima awal April 2019.

"Surat izin pinjam pakai hutan yang menghubungkan Talantam ke Padang Limau Sundai Sangir Jujuan telah ditandatangani langsung oleh Ibu Menteri Kehutanan pada 9 April lalu," ungkapnya

Dijelaskan Hapison bahwa akses dari dan menuju Talantam selama ini, hanya bisa ditempuh melalui jalur sungai dengan menggunakan perahu tempel (timpek).

"Dengan adanya surat izin pinjam pakai ini, maka dalam waktu dekat akan segera dibuka akses jalan darat ke wilayah itu", jelasnya.

Pembukaan jalan ini menurutnya akan dikerjakan melalui kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD), kerjasama dengan pihak TNI-AD.

"Panjang jalan yang direncanakan mencapai 12,8 KM. Nanti ditandai dengan penandatanganan MoU antara Bupati Solok Selatan dengan Dandim 0309 Solok" katanya.

[Kaka]