Persiapan Ramadan dan Lebaran, Pertamina Tambah Stok BBM di Sumbar

"Untuk BBM, kami memprediksi akan terjadi peningkatan konsumsi sebanyak 25 persen dibanding biasanya"
ilustrasi stok Pertamina (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (Pertamina) memprediksi akan ada peningkatan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) selama Ramadan hingga Idul Fitri mendatang.

"Untuk BBM, kami memprediksi akan terjadi peningkatan konsumsi sebanyak 25 persen dibanding biasanya," ujar Kepala CSR Pertamina Sumbagut, Robby Harkindo, Selasa 30 April 2019.

Dia mengatakan, untuk konsumsi BBM pada hari biasanya di Sumatera Barat adalah sebanyak 2.100 kilo liter per hari dan akan dinaikan menjadi 2.620 kilo liter pada bulan ramadan mendatang.

"Kenaikan itu akan kami dilakukan saat masuknya bulan Ramadan dan akan dilaksanakan nantinya," lanjutnya.

Peningkatan kapasitas tersebut beriringan dengan jumlah konsumsi yang meningkat dibanding 2018 lalu yang mencapai lima persen. Tahun 2018, konsumsi untuk Gasolin hanya sebanyak 2.098 kilo liter, ditingkatkan 25 persen pada Ramadan menjadi 2.600 kilo liter per hari.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan Gasoil atau Solar yang dikurangi sebanyak 15 persen pada bulan ramadan hingga lebaran nanti. Konsumsi Gasoil biasanya sebanyak 7.500 kilo liter per hari akan dikurangi menjadi 6.900 kilo liter pada bulan Ramadan nanti.

"Pengurangan pasokan gasoil ini kami lakukan karena pelajaran pada tahun-tahun sebelumnya konsumsi gasoil memang menurun dalam bulan Ramadan hingga Lebaran," lanjutnya.

[Halbert Caniago]