"Randang Bencana Pemprov Sumbar" untuk Korban Banjir Bengkulu

"Beberapa tahun belakangan sudah menjadi kebiasaan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) mengirimkan atau memberi bantuan kepada daerah korban bencana. Dimulai pengiriman pertama 2016 untuk korban gempa Aceh"
Randang terkumpul di Kantor BPBD Sumbar (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Beberapa tahun belakangan sudah menjadi kebiasaan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) mengirimkan atau memberi bantuan kepada daerah korban bencana. Dimulai pengiriman pertama 2016 untuk korban gempa Aceh.

Setelah Aceh, Pemprov Sumbar juga mengirimkan masak terlezat di dunia itu untuk korban tsunami korban tsunami di Banten dan Lampung dan korban gempa Palu dan Donggaladi Sulawesi Tengah, jumlah mencapai 1 ton.

Kali ini, Pemprov Sumbar kembali badoncek melalui organisasi perangkat daerah (OPD) mengumpulkan 1 ton Randang untuk korban banjir Bengkulu.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur menyampaikan, hingga sore ini telah terkumpul sebanyak 150 kilogram Randang di kantor BPBD Sumbar.

"Hingga saat ini sudah 150 kg dari 1 ton yang ditargetkan," ujarnya, Selasa, 30 April 2019.

Dijelaskannya, dari daftar bantuan sudah hampir mencapai target, namun belum sempat diatar ke BPBD. Pihaknya berharap Randang dikemas dalam bungkusan setengah kilogram agar lebih mudah untuk disalurkan pada masyarakat di lokasi bencana.

"Kami masih menunggu yang belum sempat diatar," katanya.

Sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, pengumpulan Randang dilakukan dalam grup WhatsApp OPD. Bantuan Randang sebagai bentuk kepedulian terhadap semasa ketika dilanda bencana.

"Ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama. Randang bisa dinikmati oleh korban bencana ketika mereka susah untuk memasak," ujarnya.