Siswa di Pessel Dijadwalkan Ujian Naik Kelas pada Akhir Ramadan

"Dalam bulan Ramadan kita lakukan ujian naik kelas dan proses belajar mengajar diganti dengan pesantren Ramadan"
ilustrasi ujian (net)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Selain kegiatan pesantren Ramadan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menjadwalkan ujian akhir semester sekolah dilaksanakan pada Ramadan 1440 Hijriah.

"Dalam bulan Ramadan kita lakukan ujian naik kelas dan proses belajar mengajar diganti dengan pesantren Ramadan," sebut Kadisdikbud Pesisir Selatan, Zulkifli kepada KLIKPOSITIF.

Dia menjelaskan, khusus untuk kegiatan pesantren Ramadan dimulai dari 9 Mei hingga 18 Mei selama sekmbilan hari atau kurang dua minggu dan kegiatan ujian semester sekolah dimulai tanggal 20 Mei hingga 25 Mei 2019.

"Untuk SMP masuknya mulai pukul 08.00 WIB dan pulang 12.45 WIB dan untuk SD itu sampai pukul 10.00 WIB, sedangkan SMA ditentukan provinsi," jelasnya.

Lanjutnya, selama kegiatan Ramadan selain materi belajar dari para guru, sekolah juga bisa mendatangkan para ustad dari luar tergantung kesanggupan sekolah.

"Boleh mendatangkan ustad atau guru-guru sekolah saja. Dan tempat selama pesantren Ramadan, boleh juga diisi di Masjid dan Musala," tutupnya.

[Kiki Julnasri Priatama]