Polisi Tangkap Pelaku Pembakaran Kantor KAN Talang

"Petugas masih mendalami apa motif dibalik pembakaran Kantor KAN Talang tersebut"
Pelaku yang ditangkap polisi (Istimewa)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Talang Kabupaten Solok-Sumbar, habis dilahap api sekitar pukul 13.30 WIB, Kamis 2 Mei 2019. Kantor yang sebelumnya digunakan untuk rekap surat suara kecamatan Gunung Talang pada Pemilu serentak 2019 diduga sengaja dibakar.

Tidak lama berselang usai peristiwa itu, petugas kepolisian mengamankan seorang pelaku berinisial OF alias OK (33) yang diduga kuat menyulut api sehingga berujung terjadinya kebakaran di Kantor KAN Talang.

Kapolres Solok, AKBP Ferry Irawan membenarkan peristiwa kebakaran yang menghanguskan kantor KAN Talang. Menurut Kapolres, Kantor KAN memang sengaja dibakar.

"Pelakunya sudah kita amankan di Mapolres Arosuka untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sampai saat ini masih satu orang," sebut AKBP Ferry Irawan.

Menurut petugas, pelaku melakukan pembakaran kantor KAN dengan cara menyulut api pada kasur yang ada di bagian lantai atas kantor dengan menggunakan korek api mancis.

Usai membakar Kantor KAN, pelaku berusaha kabur. Namun petugas kepolisian bersama warga berhasil mengamankan pelaku.

Bahkan disebut, sebelum membakar kantor KAN, Pelaku juga sempat mengamuk di sebuah acara adat yang masih ada di kawasan Nagari Talang dan juga membakar pondok milik Wali Nagari, baru membakar kantor KAN.

Petugas hingga kini masih mendalami apa sebenarnya motif dibalik pembakaran kantor KAN Talang tersebut.

[Syafriadi]