Komisi X DPR Sebut Sumbar Jadi Contoh Keberhasilan Kinerja

"Komisi X DPR terus berupaya mendapatkan masukan terkait pokok-pokok substansi pembangunan nasional yang dapat dijadikan rujukan dalam pengambilan kebijakan sesuai dengan tugas dan fungsi Komisi X DPR RI"
Masjid Raya Sumbar (Youtube)

KLIKPOSITIF -- Peningkatan kemampuan dan kinerja yang ada di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) patut dijadikan contoh bagi provinsi-provinsi lain di Indonesia. Kemajuan tidak hanya terjadi pada satu sektor, melainkan di banyak sektor lainnya.

Demikian dikatakan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudin saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI ke Sumbar.

“Komisi X DPR terus berupaya mendapatkan masukan terkait pokok-pokok substansi pembangunan nasional yang dapat dijadikan rujukan dalam pengambilan kebijakan sesuai dengan tugas dan fungsi Komisi X DPR RI, serta memantau kendala dan permasalahannya, khususnya yang ada di Provinsi Sumatera Barat ini,” ucap Hetifah di Padang, Sumbar, Kamis ( 2/5/2019).

Hetifah menyampaikan, ada beberapa pendalaman informasi yang digali dari Pemda dan stakeholder mitra kerja Komisi X di Sumbar, di antaranya mengenai pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) dan Kurikulum 2013 (K-13) pada tahun 2018, serta evaluasi pelaksanaan ujian nasional 2019.

“Selain itu, kami sempat menanyakan tentang pelaksanaan pengelolaan kebudayaan dan pelestarian cagar budaya di Sumatera Barat, khususnya dalam konteks pengembangan budaya lokal,” ujarnya. Pada kesempatan yang sama, Komisi X juga melakukan pendalaman perihal sosialisasi dan implementasi dari UU No.3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan dan UU No.5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan kepada para pemangku kepentingan terkait.

“Semua masukan dan infomasi yang telah disampaikan itu menjadi bahan referensi penting yang bisa digunakan dalam penyusunan program-program kerja selanjutnya oleh DPR dan Pemerintah Pusat. Salah satunya yakni informasi tentang dampak keberadaan destinasi wisata di Sumatera Barat terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan kebijakan Pemda Sumatera Barat dalam mendukung target pemerintah di bidang pariwisata tahun 2019,” jelas politisi Fraksi Partai Golkar ... Baca halaman selanjutnya