Ini Alasan Pelaku Membakar Kantor KAN Talang

"Pelaku merasa kecewa karena tidak ada kejelasan terkait harta warisan dalam internal keluarga dan kaumnya"
Tersangka Pembakaran Kantor KAN Talang, OF digiring ke Sel tahanan Mapolres Arosuka (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Pelaku pembakaran kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Talang Kabupaten Solok-Sumbar, Odra Firdaus (32) warga Pasar Usang, Nagari Koto Gadang Guguak masih menjalani pemeriksaan intensif di Mapolres Arosuka Solok.

Dari hasil pemeriksaan, terungkap jika pelaku melakukan pembakaran lantaran dipicu rasa sakit hati perkara harta warisan di kaum yang tidak terakomodir.

"Pelaku merasa kecewa karena tidak ada kejelasan terkait harta warisan dalam internal keluarga dan kaumnya," ungkap Kasat Reskrim, AKP Deni Akhmad, Jum'at 3 Mei 2019.

Akibat perbuatannya, pelaku terancam hukuman pidana kurungan kurang lebih 12 tahun penjara. Hingga kini, tersangka masih ditahan di Mapolres Arosuka untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu, terkait adanya kemungkinan pelaku merupakan pecandu narkoba, pihak Polres Arosuka masih melakukan pendalaman. "Masih kita dalami, apakah pelaku pemakai narkoba atau tidak," sebut Deni Akhmad.

Ia memastikan, aksi pembakaran kantor KAN Nagari Talang tidak ada kaitannya dengan unsur politik pasca Pemilu serentak tahun 2019.

Sementara itu, terpisah, Wali Nagari Talang, Masfer Boy Felly menjelaskan, sebelum melakukan pembakaran Kantor KAN, pelaku juga sudah ngamuk-ngamuk dan melakukan pengrusakan di rumah salah satu kerabatnya di Jorong Kotogaek, Nagari Talang.

Pelaku waktu itu meminta untuk di fasilitasi dalam memecahkan masalah tentang hak nya di dalam kaum namun tidak ada yang menanggapi sehingga ia mengamuk dan melempari rumah, merusak mobil, sepeda motor serta kursi di rumah kerabatnya.

"Kebetulan waktu itu ada acara adat, karena tidak ada yang menanggapi, kemudian ia melampiaskan amarahnya dengan mengancam akan membakar Kantor KAN Talang," sebutnya.

Benar saja, pelaku langsung menuju Kantor KAN. Awalnya ia mencoba membakar bagian belakang kantor KAN, karena sudah menyala ia masuk kedalam dan mendapati kasur kemudian ... Baca halaman selanjutnya