Lautan Sampah di Pinggir Pantai Pasar Banda Air Kota Padang

"Sampah plastik bercampur sampah alam dan bangkai bertaburan memanjang di sepanjang bibir pantai. Posisi sampah dibelakang lapak-lapak pelelangan ikan pedagang setempat"
Sampah berserakan di pinggir pantai Pasar Banda Air, Kelurahan Pasir Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pinggir pantai di Pasar Banda Air, Pasir Kandang, Kelurahan Pasir Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, dicemari oleh lautan sampah yang berbau busuk. Padahal, pinggir pantai tersebut sebagai tempat pelelangan ikan dari nelayan setempat dan Kantor Lurah di samping pasar.

Pantauan KLIKPOSITIF Sabtu pagi (4/5), sampah plastik bercampur sampah alam dan bangkai bertaburan memanjang di sepanjang bibir pantai. Posisi sampah dibelakang lapak-lapak pelelangan ikan pedagang setempat.

Terpantau hampir 200 meter sampah bertaburan dibibir pantai tersebut. Sampah paling banyak bertaburan dekat dari plang imbaun kegiatan perikanan tangkap di pulau Pieh, seperti milik Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar sebab ada logo Pemprov Sumbar pada bagian plang.

Parahnya, bila air laut pasang terlihat sebagian kecil sampah masuk kelaut kerena terbawa pecahan ombak. Bagian lain sampah banyak di batu grip pantai tersebut. Dilokasi tersebut tidak tampak tempat pembuangan sampah, namun di Kelurahan Koto Nan Tigo ada kontainer sampah dekat dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB).

Kondisi sampah dan bau busuk tersebut dikeluhkan Buk Ris (51). "Disini ikannya segar - segar, saya selalu beli kesini, tapi sampah disini mintak ampun, tidak ada yang membersihkan," ujarnya, Sabtu, 4 Mei 2019.

Dia mengaku sudah hampir dua bulan melihat kondisi sampah bertaburan tanpa ada yang membersihkan.

"Saya diberitahu teman tempat ... Baca halaman selanjutnya