Kelompok Orkes Gelar 'Sumbar Mengorkes' dari Hasil Ngamen

"Kegiatan tersebut ada dari semangat berkesinian yang tinggi mereka. Bahkan kegiatan tersebut didanai dari hasil sumbangan dan ngamen tiga kelompok orkes tersebut"
Penampilan salah satu grup orkes dalam acara Sumbar Mengorkes (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Tadi Malam pukul 20.00 WIB akan dilangsungkan pergelaran musik orkes bertajuk "Sumbar Mengorkes" di Pendopo Medan Nan Balinduang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang (FBS UNP).

Penampilan dari grup orkes ini disambut hangat oleh pencinta orkes di Kota Padang. Penonton ikut bergoyang dibawa alunan musik kelompok kreatif ini.

Acara yang digagas Orkes Karupuak Jangek (OKJ), Orkes Taman Bunga, serta Mendadak orkes ini menjadi acara orkes perdana diadakan di Sumatera Barat (Sumbar).

Kegiatan tersebut ada dari semangat berkesinian yang tinggi mereka. Bahkan kegiatan tersebut didanai dari hasil sumbangan dan ngamen tiga kelompok orkes tersebut.

Menurut Presiden OKJ Wahyu Prima Nelga, ide Sumbar Mengorkes awalnya muncul karena melihat fenomena orkes dangdut yang mulai berkembang di Sumbar dua tahun belakangan. Bahkan banyak bermunculan grup orkes dangdut yang produktif serta konsisten berkarya.

" Sumbar Mengorkes sebagai ajang silaturrahmi antar sesama grup orkes, mengekspos musik orkes dangdut Sumbar, dan yang terpenting adalah untuk 'menyembuhkan' musik dangdut yang sedang 'sakit'," sebutnya.

Dijelaskannya, saat ini dangdut identik dengan sawer dan goyangan seksi dari biduan-biduannya. Padahal, dangdut sebagai musik asli Indonesia pada awal kemunculannya, hadir dalam wajah yang sangat bermartabat serta membawa pesan moral dan sosial. Seperti yang sudah dilakukan oleh sesepuh-sesepuh orkes dangdut Indonesia terdahulu seperti PMR, Pancaran Sinar Petromax, dan yang lebih tua lagi Orkes Gumarang.

Disampaikannya, kegiatan tadi malam disini oleh OKJ, Orkes Taman Bunga, Mendadak Orkes, Orkes Tasorong, Keroncong Perut, Orkes Pamaleh, dan sederet orkes lainnya.

"Kami bertekad acara ini bakal diadakan secara estafet setiap tahunnya untuk acara perdana kali ini OKJ tampil sebagai tuan rumah," ulasnya.

Sejauh ini, telah banyak dukungan dari orkes-orkes ... Baca halaman selanjutnya