Menyilau Tradisi Balimau di Pemandian Alam Ikan Larangan Lubuak Landua

"Konon ceritanya pada ta­hun 1852 masehi didi­rikanlah surau (masjid) oleh Buya lubuak landua Pertama, yang bernama Tuanku Kha­lifah Sutan Saidina Syech Basyir atau dikenal oleh ma­sya­rakat di sana Syeh Basyir."

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Menjelang Ramadhan 1440 Hijriyah, ratusan pengunjung dari berbagai daerah memadati objek wisata pemandian alam ikan larangan lubuak landua, Nagari Aua Kuniang, Kabupaten Pasaman Barat-Sumbar, Sabtu 4 Mei 2019.

Pemandian alam ikan larangan lubuak landua merupakan salah satu tempat rekreasi religi yang menjadi idola pengunjung lokal maupun non lokal di Pasaman Barat. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya selalu dipadati saat jelang puasa maupun lebaran.

Menurut salah seorang warga setempat M Zen (34). Ratusan warga yang datang silih berganti dari berbagai daerah memadati obyek wisata itu sejak sepuluh hari yang lalu. Pengunjung mulai berdatangan mulai sekitar pukul 09.00 WIB. Para pengunjung umumnya datang bersama anggota keluarga.

Objek wisata pemandian tersebut selalu ramai di­kunjungi. Sebab, pengunjung mandi bersama ikan larangan yang berada di aliran sungai Batang Haluan, yang mengalir di tepi surau Lu­buak Landua. Ikan-ikan ini telah berusia ratusan tahun sama usianya dengan surau Lubuak Landua.

Selain tempat pemandian kata M Zen, warga yang datang melakukan ziarah kemakam berziarah ke makam Buya Lubuak Lan­dua, dan tidak sedikit pula peziarah meminta doa di makam tersebut. Disamping itu mereka kebanyakan membayar nazar dengan melakukan doa bersama bersama buya lubuk landua di Surau tertua yang ada sekitar pemandian.

Masyarakat Lubuak Lan­dua sangat agamais, kabarnya penyebaran agama Islam pertama di Pasaman Barat berada di Lubuak Lan­dua. Sejarah ini dibuktikan dengan Surau (Mesjid) tertua yang masih berdiri kokoh sampai sekarang, diper­kira­kan usia surau ini sekitar 200 tahun.

Konon ceritanya pada ta­hun 1852 masehi didi­rikanlah surau (masjid) oleh Buya lubuak landua Pertama, yang bernama Tuanku Kha­lifah Sutan Saidina Syech Basyir atau dikenal  oleh ma­sya­rakat di sana Syeh Basyir.

Pada masa kepemim­pi­nan ... Baca halaman selanjutnya