Gempa di Bukittinggi Merupakan Aktivitas Sesar Sumatera di Segmen Sianok

"Gempa bumi dengan kekuatan M=3.1 guncang Kota Bukittinggi"
Peta lokasi gempa (BMKG)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Sebagian masyarakat di Kota Bukittinggi-Sumbar dan sekitarnya merasakan gempabumi, Sabtu 4 Mei 2019 malam. Gempa itu terjadi sekitar pukul 21.22 WIB.

Dari hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Padangpanjang, gempa bumi dengan kekuatan M=3.1. Pusat gempabumi ini berada di darat pada koordinat 0.10 Lintang Selatan dan 100.28 Bujur Timur, sekitar 25 kilometer Barat Laut Bukittinggi, pada kedalaman hiposenter 10 kilometer.

Berdasarkan laporan dari masyarakat yang diterima BMKG, guncangan tersebut dirasakan di Bukittinggi dan Payakumbuh dengan skala intensitas I-II MMI.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang Irwan Slamet dalam rilisnya mengatakan, jika memperhatikan letak sumber gempabumi tersebut dengan kedalaman hiposenter yang dangkal, ini mencirikan sebagai aktifitas sesar sumatera, khususnya Segmen Sianok.

Kepada masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Selain itu Ia juga mengimbau masyarakat untuk mengakses informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg). (*)