Tertutup Awan, Tim Rukyatul Hilal Sawahlunto Gagal Melihat Hilal

"Jika tidak dapat melihat hilal, kita tetap menyerahkan awal Ramadan pada sidang isbath yang digelar oleh Kementerian Agama sebentar lagi"
Tim Rukyatul Hilal Kota Sawahlunto (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Tim Rukyatul Hilal Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Sawahlunto tidak dapat melihat hilal awal Ramadan.

Rukyatul hilal tersebut digelar di Bukit Sopan Badak, Dusun Batu Kakok, Desa Tumpuk Tangah, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Minggu 5 Mei 2019.

Hingga pukul 17.45 WIB, tim yang dipimpin oleh Kepala Kankemenag Kota Sawahlunto Idris Nazar tidak dapat melihat hilal karena tertutup awan tebal mendung.

"Jika tidak dapat melihat hilal, kita tetap menyerahkan awal Ramadan pada sidang isbath yang digelar oleh Kementerian Agama sebentar lagi," kata Idris.

Idris menambahkan, dalam keadaan awal tebal mendung dipastikan tidak dapat melihat hilal di Sawahlunto. "Tidak mungkin dapat melihat hilal dalam keadaan seperti ini," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kankemenag Kota Sawahlunto juga mengikutsertakan organisasi massa Islam Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah, serta dari Pengadilan Agama Kota Sawahlunto dan perangkat Desa Tumpuk Tangah.(*)