Bermodal Teleskop Hubble, Astronom Bisa Membuat Buku Sejarah Alam Semesta

"Hubble telah mengamati daerah langit ini berkali-kali selama bertahun-tahun dan sekarang kami menggabungkan semua foto-foto itu menjadi satu gambar dengan sudut lebar yang berkualitas tinggi"
Teleskop Hubble (net)

KLIKPOSITIF -- Apa yang bisa dilakukan astronom dengan teleskop Hubble pada alam semesta ini? Ternyata para astronom bisa membuat buku sejarah alam semesta yang terbesar dan terlengkap.

Para astronot memanfaatkan teleskop Hubble untuk mengambil gambar mosaik yang tersusun dari 7.500 gambar dari satu bagian langit untuk membuat buku sejarah alam semesta.

Gambar mosaik Hubble Legacy Field (HLF) ini menggabungkan pengamatan dari survei yang dilakukan Hubble Space Telescope selama 16 tahun dan survei eXtreme Deep Field (XDF). Hasil gambar ini menampilkan setidaknya 265 ribu galaksi.

"Hubble telah mengamati daerah langit ini berkali-kali selama bertahun-tahun dan sekarang kami menggabungkan semua foto-foto itu menjadi satu gambar dengan sudut lebar yang berkualitas tinggi. Hasilnya seperti memiliki buku sejarah alam semesta dalam satu gambar," ucap Pieter van Dokkum, profesor astronomi di Yale University, Amerika Serikat.

Dengan mempelajari galaksi, para astronom bakal mampu melacak ekspansi alam semesta, memberikan petunjuk tentang fisika yang mendasari kosmos, menemukan asal-usul unsur kimia, dan mengungkapkan kondisi yang menyebabkan munculnya kehidupan di Bumi.

Dilansir dari Phys.org, gambar ini terdiri dari 31 program Hubble yang dilakukan berbagai tim astronom. Mosaik lengkap dan gambar secara individualnya tersedia melalui Mikulski Archive for Space Telescopes (MAST), sebuah database online berisi data astronomi dari Hubble dan misi NASA lainnya.

Kini tim HLF sedang mengerjakan set gambar kedua yang akan mencakup lebih dari 5.200 gambar yang pernah dikumpulkan teleskop Hubble dari area lain. (*)

sumber: HiTekno