Tahun Ini, Pembangunan Masjid Terapung di Pessel akan Dimulai

"pembangunan masjid terapung ini bisa melayani wisatawan yang ingin menunaikan ibadah dan wisata religi"
Desain masjid terapung di Pessel. (Humas Pemkab Pessel)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal memulai rencana pembangunan masjid terapung di kawasan objek wisata Carocok Painan pada tahun ini. "Pembangunan masjid itu segera dimulai tahun ini," ungkap Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, Senin 6 Mei 2019.

Dia mengatakan, hadirnya rencana pembangunan masjid terapung di Pantai Carocok Painan adalah salah satu bukti konsisten Pemkab dalam mewujudkan pariwisata halal. "Ini sangat bagus dan menambah keindahan Carocok sebagai ikon pariwisata terbaru di Pesisir Selatan," sebutnya.

Dia menjelaskan pembangunan masjid terapung ini bisa melayani wisatawan yang ingin menunaikan ibadah dan wisata religi. "Kita harapkan semua pengunjung ketika datang ke Kawasan Pantai Carocok Painan, pelaksanaan ibadahnya tidak terganggu," ulasnya.

Sementara, Kepala Dinas PU Pesisir Selatan, Era Sukma Munaf menyebut, rencana pembangunan masjid terapung akan menghabiskan APBD sebesar Rp27,5 miliar. "Pelaksanaannya dengan sistem multiyears tahun 2019 dan 2020," kata Era Sukma Munaf.

Lanjutnya, lokasi pembangunan masjid terapung tersebut direncanakan di bibir pantai Carocok, persisnya di arah timur Pulau Batu Kereta. "Saat ini pembangunan masjid terapung tersebut sedang dalam proses persiapan tender dan akan segera dilanjutkan," tutupnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan, Sumatera Barat berencana akan mendirikan masjid terapung di kawasan objek wisata Carocok Painan sebagai ikon destinasi wisata baru di daerah tersebut.

Seperti yang dikatakan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, rencana pembangunan mesjid terapung tersebut akan direalisasikan pada tahun 2019 depan dengan akumulasi biaya sebesar Rp20 miliar.

Dia menjelaskan, terkait rencana pembangunan masjid terapung tersebut, pihaknya sudah mempersiapkan detail engineering design atau DED dan mulai dikerjakan pada 2019. "Gambarnya sudah selesai dan pengerjaannya ... Baca halaman selanjutnya