Bulan Ramadan, Pemkab Agam Akan Gelar Bazar Murah Bersubsidi di Wilayah Terpencil

"Setiap pembeli mendapatkan subsidi dari komoditi yang disediakan seperti,"
Bupati Agam saat meninjau pasar murah beberapa waktu lalu (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Dinas Pertanian Kabupaten Agam, bakal menggelar bazar murah di berbagai lokasi pada H-15 sampai H-2 Idul Fitri 1440 hijriyah mendatang.

Sekretaris Dinas Pertanian Agam, Zufren via ponsel, Senin mengatakan, bazar dilaksanakan di wilayah terpencil seperti Nagari Pagadih Kecamatan Palupuah, Kecamatan Malalak, Nagari Sipinang dan Salareh Aia Kecamatan Palembayan.

Selain itu, bazar juga digelar di Kecamatan Lubuk Basung, karena wilayah ini termasuk penentu indek inflasi. Biasanya akhir Ramadan harga daging melonjak naik.

"Setiap pembeli mendapatkan subsidi dari komoditi yang disediakan seperti, daging disubsidi Rp15 ribu dari harga pasar, telor ayam Rp5 ribu per engray dan ayam broiler Rp7,5 ribu per ekor," jelasnya.

Dikatakan, bazar terbuka untuk umum, tapi pihaknya mengutamakan pada keluarga kurang mampu, agar mereka mendapatkan kebutuhan pokok bersubsidi atau dibawah harga pasar jelang lebaran nanti.

"Kita tidak bisa banyak menyediakan jenis kebutuhan pokok, karena Dinas Pertanian sifatnya memproduksi. Sedangkan kebutuhan pokok adalah kewenangan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan," katanya.

Untuk itu, dikatakan Zufren, masyarakat yang membeli dibatasi, maksimal 2 kilogram per komoditi, supaya warga yang lainnya juga kebagian. Sehingga masyarakat merata mendapatkan kebutuhan pokok bersubsidi tersebut.

"Namun kita harapkan pada masyarakat, setelah membeli jangan dijual lagi kepada masyarakat, tapi pergunakanlah untuk keperluan jelang lebaran," pungkasnya.

Disebutkan, Dinas Pertanian Agam perdana gelar bazar, semoga kegiatan ini dapat dilanjutkan untuk tahun berikutnya. (rel)