Gubernur : Perlu Perbaikan Kualitas Produk Kerajinan Sumbar untuk Masuk Pasar Dunia

"Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengatakan, agar produk handicraft atau kerajinan di Sumbar dapat bersaing dipasaran dunia, terutama dalam sektor ekspor diperlukan pembenahan dari segi kualitas dan pengemasan produk"
Kerajinan tangan dari bahan benang Silvia Piobang penyandang disabilitas di Kota Padang (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengatakan, agar produk handicraft atau kerajinan di Sumbar dapat bersaing dipasaran dunia, terutama dalam sektor ekspor diperlukan pembenahan dari segi kualitas dan pengemasan produk.

Hal itu disampaikannya usai pelantikan Badan Pengurus Daerah (BPD) Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) Sumbar, Rabu (7/5) di Auditorium Gubernur.

"Kita di Sumbar sangat banyak UMKM yang bergerak pada bidang kerajinan ini, diantaranya bordir, tenun dan songket. Serta kreativitas yang terbuat dari tangan, maka perlu dilakukan pembenahan dari segi kualitas dan pengemasan produk," ujarnya

Dia berharap hadirnya kepengurusan ASEPHI Sumbar ini dapat membantu pengrajin produk kerajinan yang ada di Sumbar dalam hal pembenahan produknya sehingga kualitas yang dihasilkan dapat dilirik masyarakat.

"Kita lihat produksi kerajinan kita banyak, namun peminat belum sebanding dengan produksi, masih dikirim ke pasaran lokal saja, maka dengan adanya ASEPHI ini maka produk yang dihasilkan pengrajin kita dapat menembus ekspor luar negeri. Ini juga akan meningkatkan perekonomian dan menghasilkan peningkatan pengrajin didaerah," katanya.

Dikatakan Irwan, sudah saatnya pengrajin produk kerajinan di Sumbar menembus pasaran dunia, apalagi pihaknya sudah gencar melakukan promosi ke luar negeri dan mereka sangat menyukai produk kerajinan dari Sumbar, tentu ini menjadi peluang dalam pengembagan produk kerajinan Sumbar.

Sementara itu, Ketua Umum ASEPHI Pusat, Thamrin Bustami mengungkapkan, bahwa Sumbar sangat potensial dalam hal produk kerajinan tangan. Bahkan produk kerajinan Sumbar tidak kalah dengan daerah lain. Namun perlu pengembangan usaha kerajinan di Sumbar ini agar produk yang dihasilkan memang layak ekspor.

"Produk Sumbar telah dikenal sejak dahulu, produknya bagus - bagus, soal kemasan perlu diperbaiki agar dilirik pasar luar ... Baca halaman selanjutnya