Donor Darah di Bulan Pausa, Apakah Berpengaruh Terhadap Tubuh?

"Jangan takut untuk mendonorkan darah, sebab tidak akan terjadi gangguan sama sekali terhadap kesehatan"
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat melakukan donor darah di SJS Plaza Jalan Jhoni Anwar, Lapai, Kecamatan Nanggalo (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Stok darah menipis saat Ramadan. Pasalnya pendonor darah takut tubuh lemah dan batal puasa saat mendonorkan darah. Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Padang menyiasati tren penurunan stok darah dengan mengubah jam donor darah di pusat perbelanjaan. Seperti, SJS Plaza Jalan Jhoni Anwar, Lapai, Kecamatan Nanggalo.

Kepala UTD PMI Kota Padang, dr Widyarman mengatakan, Kota Padang saat ini membutuhkan darah sebanyak 100 kantong per harinya, dan saat bulan puasa persediaan selalu mengalami penurunan. Untuk meningkatkan jumlah pendonor, pihaknya rutin menggelar kerjasama dengan berbagai lembaga untuk mengadakan donor darah kolektif.

"Donor darah ini untuk kesehatan, jadi jangan takut kalau puasanya akan batal," ujar dr Widyarman,

Oleh karena itu, dr Widyarman mengimbau, bagi masyarakat Kota Padang yang ingin mendonorkan darahnya pada bulan suci Ramadan silahkan mendatangi SJS Plaza di malam harinya. Jangan takut untuk mendonorkan darah, sebab tidak akan terjadi gangguan sama sekali terhadap kesehatan. 

"Jika tekanan darah baik, denyut nadi teratur, maka dapat melakukan donor darah," sebut dr Widyarman.

Dr Widyarman menambahkan, donor darah ini akan dibuka sejak 6 Mei sampai 3 Juni 2019. Pihaknya menargetkan selama bulan puasa, setidaknya PMI mendapatkan 2.000 kantong darah. Untuk memotivasi bagi pendonor panitia pelaksana juga menyediakan hadiah menarik.

Bahkan, Senin malam (6/5) Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama istrinya Nevi Zuairina juga melakukan donor darah. Seperti biasa sebelum donor darah Irwan Prayitno terlebih dahulu menjalani pemeriksaan golongan darah, cek tekanan darah dengan tensi 120 per 80 kadar haemoglobil (HB) 15,4 dan berat badan 68 kg.

Irwan mengajak, warga Sumbar untuk rutin melakukan donor darah untuk menjaga kesehatan dan stok darah yang dikelola PMI, walaupun saat ini bulan Ramadhan. Sebab stok darah di PMI, saat bulan Ramadhan ini terjadi ... Baca halaman selanjutnya