Bawa Narkoba, Dua Pemuda Payakumbuh Diciduk di Pasaman

Dua pemuda asal Payakumbuh ditangkap membawa narkoba ke Pasaman Barat.
Dua pemuda asal Payakumbuh ditangkap membawa narkoba ke Pasaman Barat. (istimewa)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Satresnarkoba Polres Pasaman berhasil meringkus dua orang pemuda berinisial AH (20) dan KS (24) warga Kelurahan Taratak Ladang Kampuang, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Rabu dini hari, 8 Mei 2019 sekira pukul 04.30 WIB.

Dari tangan kedua tersangka, polisi berhasil mengamankan daun ganja siap edar sebanyak 10 paket besar yang diperkirakan beratnya 10 Kilogram.

baca juga: Judi Sabung Ayam, Dua Orang di Pasaman Barat Ditangkap

"Kedua tersangka ditangkap di jalan lintas Sumatera Ampang Gadang, Kabupaten Pasaman. Penangkapan dipimpin Kasat Resnarkoba, Iptu Syari Munir bersama anggota dan Satsabhara Polres Pasaman," tegas Kapolres Pasaman, AKBP Hasanuddin kepada KLIKPOSITIF , Rabu 8 Mei 2019.

Menurut Kapolres, selain 10 paket besar ganja kering yang dibalut dengan lakban warna kuning, pihaknya juga mengamankan satu unit sepeda motor merek Honda Beat warna putih biru tanpa nomor polisi, satu unit hp merk Nokia dan satu buah tas ransel warna merah maron, satu buah tas ransel warna abu-abu serta uang kertas sejumlah Rp50 ribu.

baca juga: Dua Rumah Hangus Terbakar di Lintau Tanah Datar

Penangkapan kedua tersangka berawal pada Rabu 8 Mei 2019 pukul 01.00 WIB. Tim SatRes Narkoba mendapat informasi bahwa akan ada pengiriman narkotika jenis ganja kering dari arah Provinsi Sumatera Utara ke Sumbar.

Kemudian anggota melakukan patroli di daerah Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Sekitar pukul 04.00 WIB, personel melihat satu unit sepeda motor jenis Honda Beat melintas yang dikendarai dua orang dengan membawa tas ransel, sehingga petugas melakukan pengejaran.

baca juga: Sempat Hilang, Warga Kecamatan Pangkalan Ditemukan Selamat

Saat dilakukan penyetopan, pengendara sepeda motor tersebut berusaha melarikan diri. Sewaktu terjadi pengejaran, tepatnya di daerah Rimbo Panti, tersangka KS membuang tas ransel yang dibawanya ke arah semak-semak pinggir jalan.

"Pada saat mengejar, sepeda motor Honda Beat tersangka ini terjatuh dan dua orang yang berada di sepeda motor berusaha melarikan diri," jelas Hasanuddin.

baca juga: Tak Pandai Berenang, Seorang Anak Tenggelam di Bendungan Matur Agam

Namun, kedua tersangka berhasil ditangkap. Kemudian, petugas SatResnarkoba membawa tersangka ke tempat tas ransel yang dibuang dan melanjutkan penggeledahan dua buah tas ransel yang disaksikan oleh kepala jorong dan masyarakat.

Barang bukti yang ditemukan tersebut langsung diamankan dan disita petugas serta penangkapan terhadap kedua tersangka. Saat ini keduanya masih dalam pemeriksaan penyidik untuk melakukan pengembangan.

"Keduanya merupakan kurir jaringan Payakumbuh yang dijerat Pasal 115 (2) 114 (2) atau Pasal 111 (2) 132 (1) UU nomor 35/2009 tentang narkotika,” ujar Kapolres.

[Man St Pambangun]

Penulis: Agusmanto