Banyak Anggota DPRD Sumbar Absen Paripurna, Ketua: Tidak Terpilih dan Puasa

"Alasan pertama bulan puasa, kedua mungkin karena banyak yang tidak terpilih kembali"
Suasana Rapat Paripurna di DPRD Sumbar, Rabu, 8 Mei 2019 (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Banyak dari anggota dewan tidak hadir saat rapat paripurna yang berlangsung tadi pagi (8/5). Bahkan sidang baru dibuka ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim sempat di tunda selama 10 menit hingga peserta sidang kuorum.

"Alasan pertama bulan puasa, kedua mungkin karena banyak yang tidak terpilih kembali," ungkap Hendra Irwan Rahim usai Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Pengambilan Keputusan DPRD terhadap Ranperda tentang penyelenggaraan Pendidikan.

Akibat kurangnya kehadiran anggota, jelas Hendra, sidang sempat di skor dan dilanjutkan kembali setelah ada kesepakatan melanjutkan. "Dihentikan sementara kemudian kita lanjutkan karena sudah memenuhi syarat untuk dilanjutkan," ujarnya.

Pantauan KLIKPOSITIF di ruang sidang, banyak kursi kosong karena tidak ada anggota dewan yang hadir. Dari beberapa baris kursi hanya beberapa saja yang terisi. Kemudian dibagian kursi tamu undangan dan pers terlihat lebih banyak.

Sementara Sekretaris Dewan DPRD Sumbar Raflis menjelaskan, walaupun kehadiran anggota dewan kurang, sidang tetap berlanjut sesuai aturan dan kesepakatan bersama. Dia memaklumi saat ini sedang proses perhitungan suara, jadi banyak anggota dewan terfokus kesana.

"Kehadiran memang rendah. Paripurna tadi memang belum kuorum, tapi sesuai tertib diskor dan disepakati kemudian dilanjutkan," jelasnya.

Dia menegaskan, walaupun ada beberapa kendala agenda di DPRD Sumbar tetap berlanjut. Apalagi setelah Pileg dan bulan puasa.

"Ini sudah Paripurna ke tiga, Alhamdulillah agenda sidang tidak ada yang terganggu," tukasnya. (*)