Pemkab Sijunjung Lantik Kepala OPD Hasil Lelang Jabatan

"Yang jelas, untuk mengisi jabatan kepala Dinas atau eselon II kita komit atas hasil nilai asesmen pada seleksi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) dan tim seleksi"
Pengambilan Sumpah Jabatan di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Rabu 8 Mei 2019 (Istimewa)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung melantik tiga pejabat eselon II hasil lelang jabatan yang dibuka pada 11 Maret 2019 lalu.

Lelang jabatan eselon II tersebut ditujukan untuk mengisi jabatan tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Inspektorat Daerah dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengatakan ketiga pejabat eselon II yang dilantik berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan oleh tim seleksi.

"Yang jelas, untuk mengisi jabatan kepala Dinas atau eselon II kita komit atas hasil nilai asesmen pada seleksi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) dan tim seleksi," kata Yuswir di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Rabu 8 Mei 2019.

"Tidak ada istilah atau dekatnya dengan Bupati, bagi yang dinilai layak dan pantas itu yang akan mengisi jabatan eselon II," sambungnya.

Yuswir menambahkan, terdapat tiga nama yang direkomendasikan dari kedua seleksi tersebut. Maka yang dipilih dari semua itu nilai yang tertinggi, namun tentu dengan pertimbangan-pertimbangan lain misalnya terdapat catatan khusus, tentu tidak akan dilanjutkan rekomendasi itu.

"Ada sejumlah nama yang masuk, tetapi hasil keputusan kami, jabatan eselon II untuk Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dijabat oleh Afrinaldi, Kepala Inspektorat dijabat oleh Welfriadril dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan seluruh dijabat oleh Khasyiardi. Selain itu, pelantikan ini sudah sesuai aturan kepegawaian atau aturan Badan Kepegawaian Negara (BKN)," tuturnya.

Selain tiga pejabat eselon II, Pemkab Sijunjung juga memutasi 30 jabatan di eselon III, 58 jabatan di eselon IV dan termasuk pimpinan Puskesmas. Mereka dilantik sudah melalui pertimbangan dari Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat (Baperjakat).(*)