Gubernur Sumbar : Menahan Nafsu di Bulan Puasa, Inflasi Akan Terkandali

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyerahkan bantuan sebanyak Rp 20 juta saat Safari Ramadan di Masjid Al-Hidayah Komplek Belanti Permai, Kampung Lapai, Kecamatan Nanggalo Kota Padang, Rabu malam, 8 Mei 2019.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyerahkan bantuan sebanyak Rp 20 juta saat Safari Ramadan di Masjid Al-Hidayah Komplek Belanti Permai, Kampung Lapai, Kecamatan Nanggalo Kota Padang, Rabu malam, 8 Mei 2019. (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meminta masyarakat untuk menahan hawa nafsu selama bulan Ramadan . Pasalnya pola makan dan belanja terutama kebutuhan dapur berpengaruh kepada kenaikan bahan pokok, sehingga menyebabkan inflasi .

Hal itu disampaikan Irwan Prayitno saat Safari Ramadan di Masjid Al-Hidayah Komplek Belanti Permai, Kampung Lapai, Kecamatan Nanggalo Kota Padang, Rabu malam, 8 Mei 2019.

"Belanja banyak, makan banyak sehingga inflasi tinggi. Mari jaga hawa nafsu di bulan puasa sehingga inflasi terkendali. Mestinya berkurang sebab kita puasa. Ini malah permintaan banyak," ujarnya.

Baca Juga

Menurut Irwan prilaku konsumtif di bulan puasa bisa memicu inflasi . Dia berharap masyarakat jangan makan terlalu banyak makan sehingga tidak fokus ibadah. Sebab terlalu banyak makan akan menyebabkan kantuk dan tertidur sehingga tidak Salat.

"Mari menjaga inflasi dengan tidak banyak makan. Dengan mengendalikan nafsu Inflasi akan terkendali," sebutnya lagi.

Disampaikannya, pemerintah provinsi tidak tinggal diam atas kenaikan harga bahan pokok. Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) akan melakukan pengawasan dan operasi pasar agar harga stabil.

"Kami juga akan subsidi harga bahan pokok seperti bawang merah, gula, beras, minyak goreng dan lain - lain pada operasi pasar . Kami jual dengan harga murah sehingga bisa di jangkau masyarakat miskin," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Perekonomian Irsad menyampaikan, beberapa OPD dilingkungan Pemprov Sumbar akan melangsungkan pasar murah.

Jadwalnya, Dinas Peternakan Sumbar akan mengelar pasar murah dihalaman kantornya pada tanggal 27-29 Mai 2019, selanjutnya Dinas Koperasi dan UKM Sumbar pada tanggal 22-26 Mai 2019 di Chatib Sulaiman Padang.

Kemudian Dinas Perindrustrian dan Perdagangan Sumbar juga akan melakukan pasar murah pada tanggal 27-30 Mai di halaman kantornya. Bank Indonesia juga akan mengelar pasar murah bersama mitra UKM Sumbar pada tanggal 15-17 Mai 2019 di halaman kantornya.

"Bulog juga melakukan subsidi harga melalui produk Bulog mobile yang akan datang dikecamatan dan kelurahan serta beberapa tempat dalam bazar dan pasar murah yang dilakukan Pemprov Sumbar ," terangnya. (*) 

Baca Juga

Penulis: Joni Abdul Kasir

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com